Jumat, Juni 06, 2008

16 Pemain Pengguna Nomor Keramat

NOMOR punggung bukan saja sebagai identitas sang pemain, namun ternyata juga dipercaya menjadi bagian yang paling diincar-incar sang pemain. Konon katanya, nomor punggung bisa memberikan berkah tersendiri bagi si pemain karena masuk dalam kategori pemain bintang. Dan salah satu nomor yang dianggap keramat adalah nomor 10.
Nah, pada perhelatan Euro 2008 yang resmi dibuka hari ini, Sabtu (7/6), pemain yang menggunakan nomor punggung 10 pun menjadi sorotan. Pasalnya, mampukah sang pemain yang bernaung dalam kostum bernomor keramat ini menjadi bintang, seperti para pendahulunya? Karena sejarah piala dunia dan euro mencatat, pemain yang mengenakan kostum dengan nomor punggung 10 berhasil keluar membawa sukses timnya.
Menilik beberapa contoh nama yang mengenakan nomor punggung 10 sebagai perbandingan adalah, The Legend Maradona. Bermain untuk Argentina dan berhasil menciptkan Gol Tangan Tuhan ketika menaklukkan Inggris di Piala Dunia 1986. Sehingga No. 10 sempat di-pensiun-kan beberapa lama oleh Timnas Argentina, sebagai penghargaan terhadap seorang Diego Armando Maradona. Dalam artian untuk Argentina, No. 10 adalah Maradona.
Bahkan pendahulu Maradona era 60-70an The King Pele menggunakan nomor punggung 10 saat bermain untuk Brazil. Nomor itu pula yang dipakai saat dia membawa Brazil menjuarai World Cup tahun 1970. Dan jika melirik ke era yang baru, pengguna nomor punggung 10 yang juga sempat dikeramatkan adalah, Timnas Prancis, dipakai oleh Zinedine Zidane.
Lantas siapa sajakah pemain yang menggunakan nomor punggung yang dianggap keramat dalam perhelatan akbar Euro tahun ini? Mari kita lihat dari tim Spanyol, yang mempercayakan bintang Arsenal, Cesc Fabregas untuk bernaung dalam kostum keramat ini. Sementara Timnas Italia memilih Daniele De Rossi. Dan sebelum gelandang muda AS Roma ini dipercaya menjadi pemilik kostum No. 10, nama Alessandro Del Pierro dan Andrea Pirlo sempat dikabarkan sebagai calon terkuat untuk mengenakan nomor ini setelah ditinggalkan oleh Fransesco Totti.
Sementara itu, setelah hampir satu dekade kostum keramat nomor 10 dikenakan oleh sang maestro Timnas Prancis, Zinedine Zidane, maka pada Piala Eropa kali ini, nomor yang juga pernah dipakai oleh legenda Prancis, Michael Platini, dipercayakan pada, striker Sidney Govou, . Meskipun sebenarnya tim ini punya pemain bintang seperti Franck Ribery yang bertindak sebagai gelandang terkenal sebagai pencetak gol. Namun Si Codet ini menggunakan kostum dengan nomor punggung 22.
Meski ada beberapa negara masih menempatkan nomor punggung 10 sebagai nomor keramat, yang jelas siapapun pemain yang mengenakannya akan dinilai kemampuannya menyandang nama besar dibalik nomor 10. (Persda Network/sis)

Pemain yang mengenakan kostum No. 10 :
Group Negara Nama Posisi
A Ceko Vaclav Sverkos Striker
Portugal Joao Moutinho Gelandang
Swiss Hakan Yakin Gelandang
Turki Karadeniz Gokdeniz Gelandang

B Austria Andreas Ivanschitz Gelandang
Kroasia Niko Kovac Gelandang
Jerman Oliver Neuville Striker
Polandia Lukasz Garguta Gelandang

C Prancis Sidney Govou Striker
Italia Daniele De Rossi Gelandang
Belanda Wesley Sneijder Gelandang
Rumania Adrian Mutu Striker

D Yunani Giorgos Karagounis Gelandang
Rusia Andrei Arshavin Striker
Spanyol Cesc Fabregas Gelandang
Swedia Zlatan Ibrahimovic Striker

Sumber : uefa.com (Persda Network/sis)

Tidak ada komentar: