Kamis, Juni 05, 2008

Bencana Cedera

APAKAH musuh utama para pesepakbola? Hanya satu masalah besar yang membuat mereka ketakutan, yaitu bencana cedera. Inilah ancaman yang menghantui 16 tim peserta putaran final Euro 2008 Austria-Swiss, yang menjalani pemusatan latihan.
Pembukaan Euro hanya tinggal beberapa jam lagi, karena itu problem cedera menjadi hal yang paling menakutkan bagi pemain-pemain yang akan mentas. Namun kadang mimpi buruk itu memang tak bisa ditolak, kapan pun datangnya.
Beberapa pemain sudah dipastikan angkat koper lebih dahulu gara-gara cedera parah selama mengikuti training centre. Mereka melupakan mimpi untuk bisa tampil di kejuaraan akbar benua biru, Piala Eropa.
Kapten Timnas Italia, Fabio Cannavaro adalah salah satu korban bencana cedera itu. Ia sangat sedih harus meninggalkan rekan-rekannya lebih awal karena rusaknya ligamen engkel kaki kirinya usai bertabrakan dengan Giorgio Chiellini.
Sebelumnya, cedera juga memupus harapan Ryan Babel untuk menunjukkan kebolehannya di Euro 2008. Ia terpaksa keluar dari tim nasional Belanda akibat didera cedera yang sama dengan Cannavaro, ligamen engkelnya.
Cedera tersebut diperoleh penyerang Liverpool berusia 21 tahun itu membuatnya rehat selama dua bulan. Ia hanya akan menjadi penonton seperti halnya pemain bintang lain yang tak dipanggil karena cedera, seperti Thomas Rosicky (Ceko) atau Eduardo da Silva (Kroasia).
Canna dan Babel mungkin menjadi pemain yang kurang beruntung. Tapi banyak pula yang meski cedera mencoba untuk terus bertahan. Hal itu dilihat dari kondisi cedera yang tak parah. Apalagi pelatih memang berharap bisa sembuh tepat waktu sebelum laga penting.
Banyak deretan pemain yang terus dipertahankan meski kondisi sempat meragukan. Striker Rusia, Pavel Pogrebnyak, hingga kini masih dibawa pelatih Guus Hiddink di pemusatan latihan Tim Beruang Merah di Austria-Swiss.
Demikian rekan Babel di skuad de Oranje, Robin van Persie. Cedera dari sejak bersama klubnya, Arsenal masih dibawanya hingga sekarang. Walau demikian, ia masih dipercaya Marco van Basten untuk mengisi satu dari 23 tempat di tim utamanya untuk perhelatan Euro 2008.
"Saya berharap Van Persie sembuh tepat waktu. Kalaupun absen di laga perdana, ia maish bisa pulih untuk tampil di laga berikutnya. Kami berharap keberuntungan menaungi pemain kami setelah Babel cedera," kata Van Basten.
Dari skuad Turki, pelatih Fatih Terim juga terus berharap dengan pulihnya Hamit Altintop. Padahal gelandang Bayern Muenchen itu masih dalam perawatan karena otot kaki kanannya tertarik. Tapi, pemain berusia 25 tahun itu, yakin dirinya segera fit.
Musuh Matador
Kini, badai cedera justru tengah akrab dengan pasukan El Matador Spanyol. Setelah Fernando Torres mulai aktif berlatih dari cedera ringan di pergelangan kaki kanan, satu per satu rekan setimnya meringkuk di ruang rawat.
Bencana datang saat Andres Iniesta keracunan makanan. Akibatnya, bintang Barcelona itu pun tak bisa tampil dalam laga pemanasan terakhir kontra Amerika Serikat, Kamis (5/6) dini hari di Santander, Spanyol.
Berikutnya, David Villa. Striker Valencia itu cedera engkel di sesi latihan sehari sebelum laga kontra AS. Lalu Sergio Garcia. Pemain yang baru sekali memperkuat Spanyol ini juga tidak bisa bermain pada pertandingan tersebut karena menderita memar pada betisnya.
Namun pelatih Luis Aragones tetap yakin kalau para pemaihnya itu hanya butuh istirahat satu dua hari untuk kembali pulih.

Pemain cedera
* Ryan Babel (Belanda/dipulangkan)
* Fabio Cannavaro (Italia/dipulangkan)
* Pavel Pogrebnyak (Rusia/bertahan)
* Robin van Persie (Belanda/bertahan)
* Patrick Vieira (Perancis/bertahan)
* Hamit Altintop (Turki/bertahan)
* David Villa (Spanyol/bertahan)
* Sergio Garcia (Spanyol/bertahan)

Tidak ada komentar: