Kamis, Juni 05, 2008

Bruckner Takut Mata-mata

Sabtu (7/6) besok genderang perang Euro 2008 resmi ditabuh. Sebanyak 16 negara terbaik di Benua Eropa akan bertarung memperebutkan tempat tertinggi sebagai bukti mereka menjadi yang terbaik. Semua tim memiliki masa depan dan masalah. Namun mereka mencoba meminimalisir keadaan tersebut dan mencoba untuk fokus.
Meracik kekuatan sebaik mungkin adalah hal yang mutlak dilakukan pelatih terhadap anak buahnya. Dan hal itu hanya milik millik intern tim. Tak boleh ada yang tahu tentang strategi apa yang akan dilaksanakan pelatih. Maka, tak akan mengherankan kalau pelatih-pelatih enggan berbicara secara teknis permainan apa yang akan ditampilkan di lapangan.
Untuk menutupinya, ada beberapa tim yang memilih melakukan latihan dalam kondisi tertutup. Mereka tak mau rencananya bocor hanya karena ada mata-mata yang ikut melihat latihannya. Rep Ceko melakukan itu. Mereka meyakini, strategi adalah masalah penting tak boleh bocor. Akibarnya, mereka pun mencoba menyembunyikan latihan.
Berlatih di tempat yang dikelilingi pengunungan ternyata belum dirasa cukup untuk menyembunyikan kekuatan. Tim asuhan Karel Bruckner ini selalu waspada kalau-kalau ada spionase. Saking takutnya dimata-matai, bahkan Milan Baros dan kawan-kawan tak langsung menghabiskan latihan di lapangan.
"Kami harus menyesuaikan cara kami melatih berbagai taktik, di mana kami mungkin hanya menjabarkan garis besarnya saja di lapangan dan kemudian menuntaskannya bersama para pemain di hotel dengan tenang," tutur Bruckner seperti dilansir reuters.
Menurutnya, meski keadaan lapangan tempat latihan cukup sulit untuk dimata-matai tapi kemungkinan itu tetap terbuka lebar. "Tak ada tempat bersembunyi dalam era satelit dan sistem observasi lainnya," jelasnya. Ceko yang bergabung dengan Grup A, akan memulai pertandingan pada Sabtu nanti melawan tuan rumah Swiss di Basel. Setelah itu baru melawan Portugal dan Turki

Tidak ada komentar: