Selasa, Juni 03, 2008

Catatan di Grup A

REPUBLIK CEKO
Prediksi Juara:
18-1 (Kalah dari Yunani di EURO 2004 pada babak semifinal)
Usaha Tim:
Kehilangan gelandang Arsenal Tomas Rosicky yang mengalami cedera, menjadi masalah besar bagi skuad Timnas Ceko. Tanpa Rosicky, sulit rasanya melihat kreatifitas penampilan mereka di atas lapangan.
Namun, skuad ini telah menunjukkan kegembiraan dan kekompakan bersama di lapangan. Pertahanan mereka termasuk kuartet yang solid dengan hanya kebobolan lima gol dalam 12 laga kualifikasi.
Mereka memiliki duet lini belakang yang kokoh pada diri Thomas Ujfalusi dan bek Newcastle yang dipinjam Lazio, David Rozehnal. Sedangkan di depan, raksasa Jan Koller masih terbilang tangguh. Memakai pola 4-5-1, Ceko cukup menjanjikan.

Bintang Tim: Petr Cech.
Dia layak disebut sebagai pemain yang membuat Ceko sulit dibobol. Perkembangannya bersama tim terbilang luar biasa. Aksi-aksi penyelamatannya layak dinantikan.

Pemain Muda: Martin Fenin.
Pemain berusia 21 tahun ini sukses membawa Ceko U-21 melaju ke final Piala Dunia dan mencetak hattrick pada laga debutnya bersama klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt, bulan Januari lalu. "Saya bermain untuk rakyat kami, untuk penggemar kami," kata Fenin seperti dikutip Guardian.co.uk.

Wild Card: Milan Baros
Tahun lalu ketika masih bermain untuk Olympique Lyon, dia pernah berseteru dengan lawannya Stéphane M'Bia. Baros seperti terlihat memegang hidungnya dan mengkiba-kibaskan tangannya ketika pemain Kamerun yang memperkuat Rennes itu melintas di depannya.
Aksi itu dianggap sebagai salah satu tindakan rasis karena mencemooh orang dengan sikap menutup hidung seolah mencium bau tak sedap. Namun Baros sendiri menolak maksud aksinya sepeti itu. Dia lalu dihukum tak tampil hingga akhir musim.

WAG to watch: Hedvika Koller (Istri Jan Koller) akan mendukung timnas perjuangan suaminya bersama Ceko. Cewek yang pernah berpose untuk majalah Playboy ini, sempat diisukan berselingkuh dengan midfielder Pavel Horvath, tapi di pentas euro ini bakal menunjukkan kesetiaannya untuk Big Jan, yang menikahinya pada 2003.

Suporter: Seperti Grup besar yang slelau setiap mendendangkan lagu; "If you're not jumping, you're not Czech." (Jika Kamu tak bisa melompat, Kamu bukanlah tim Ceko)

Prediksi: Urutan ketiga di penyisihan grup
Skuad Ceko:
Kiper: 1 Cech (Chelsea), 16 Blazek (Nürnberg), 23 Zitka (Anderlecht). Bek: 2 Grygera (Juventus), 6 Jankulovski (Milan), 12 Pospech (Copenhagen), 13 Kadlec (Sparta), 21 Ujfalusi (Fiorentina), 22 Rozehnal (Lazio, pinjam dari Newcastle). Gelandang: 3 Polak (Anderlecht), 4 Galasek (Nürnberg), 5 Kovac (S Moscow), 14 Jarolim (Hamburg), 17 Matejovsky (Reading), 18 Sivok (Sparta), 19 Skacel (H Berlin), 20 Plasil (Osasuna). Penyerang: 7 Sionko (Copenhagen), 8 Fenin (E Frankfurt), 9 Koller (Nürnberg), 10 Sverkos (Ostrava), 11 Vlcek (Anderlecht), 15 Baros (Portsmouth).


PORTUGAL
Prediksi Juara: 7-1 (Gagal di final EURO 2004, kalah 1-0 dari Yunani)

Usaha Tim:
Portugal memiliki pelatih Juara Dunia pada diri Luiz Felipe Scolari dan memiliki pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Tapi, dari apa yang telah mereka jalani, mereka bakal terjatuh alias gagal menjadi juara Eropa.
Pola 4-2-3-1 kelas dunia ala Portugal memang sangat menakutkan. Namun, lini depan yang bermaterikan striker Werder Bremen Hugo Almeida (kata orang Portugal, Paul Stewart), Nuno Gomes (menurut Milan Baros), dan Helder Postiga tidak cukup bagus.
Masalah lainnya bahwa playmaker Deco Souza menjalani musim ini dengan minim jam terbang pertandingan. Sedangkan kiper Ricardo seperti biasanya tampil labil musim ini meski mampu menang adu penalti melawan Inggris.

Pemain Bintang: Cristiano Ronaldo.
Delapan gol dicetaknya dari 13 pertandingan di babak kualifikasi. Tapi, mampukah dia melakukannya sendiri?

Pemain Muda: Ricardo Quaresma.
Mungkin ia tak tergolong muda, karena Quaresma sudah 24, namun sejatinya ia memiliki bakat yang lebih bagus sebagai pemain sayap dibandingkan Ronaldo. Liverpool nearly signed him last year and Rafael Benítez may try again.

Wild Card: Big Phil Scolari.
The gaffer adalah julukan untuk sosok asal Brasil itu. Tegas dan emosional, demikian panggilan lain the Bonkers. Salah satu aksinya, saat melontarkan jab ke arah bek Serbia, Ivica Dragutinovic pada kualifikasi Eropa tahun lalu.
Setelah itu, dalam press conference ia mengatakan; "I am a donkey? I am a bad coach?" (Apakah saya keledai? Apakah saya pelatih yang buruk?). Selalu membuat gebrakan besar. Tentu dia bakal menjadi sorotan di Premier League jika serius bakal melatih Chelsea musim depan.

WAG to Watch: Nereida Gallardo (Pacar Cristiano Ronaldo) terakhir kali foto-fotonya tampil dengan busana topless di media-media Inggris, dan mengatakan akan menikahi Ronaldo.
Harian The Sun mengumpamakan; "Dia (Ronaldo) itu sangat hebat di bagian depan tim, demikian pula dia (Gallardo)."
Suporter: Lebih baik dibandingkan fans Spanyol, tapi mereka bukanlah pejalan yang hebat. Bisa jadi hanya segelintir yang datang mendukung timnya.

Prediksi: Juara Grup A, lalu kalah di semifinal dari Jerman.

Skuad Portugal:
Kiper: 1 Ricardo (R Betis), 12 Quim (Benfica), 22 Rui Patricio (Sporting). Bek: 2 Ferreira (Chelsea), 3 Alves (Porto), 4 Bosingwa (Chelsea), 5 Meira (Stuttgart), 13 Miguel (Valencia), 14 Ribeiro (Boavista), 15 Pepe (R Madrid), 16 Carvalho (Chelsea). Gelandang: 6 Meireles (Porto), 8 Petit (Benfica), 10 Moutinho (Sporting), 18 Veloso (Sporting), 20 Deco (Barcelona). Penyerang: 7 Ronaldo (Man United), 9 Almeida (W Bremen), 11 Simao (A Madrid), 17 Quaresma (FC Porto), 19 Nani (Man United), 21 Nuno Gomes (Benfica), 23 Postiga (Panathinaikos).

SWISS
Prediksi juara: 25-1 (Di EURO 2004, hanya menjadi penghuni dasar klasemen grup)

Usaha Tim:
Kualitas tim masih jauh dari harapan dan tiga pemain kunci, Blaise N'Kufo, Steve von Bergen, dan Fabio Coltorti, harus meninggalkan latihan tim sebelum turnamen Euro dimainkan karena mengalami cedera serius.
Duet bek tengah Philippe Senderos dan Johan Djourou tidak cukup bagus menjaga lini belakang Arsenal musim ini. Bagaimana dengan menjaga striker-striker berbahaya di pentas laga seperti Euro.
Pelatih Jakob 'Köbi' Kuhn akan digantikan Ottmar Hitzfeld seusai turnamen empat tahunan ini, namun sejatinya ia siap untuk pergi. Meskipun begitu, Kuhn tentu berupaya bisa bersaing dengan Ceko untuk menjadi runner up grup.

Pemain Bintang: Alexander Frei
Ia hanya tidak konsisten dalam memproduksi gol. Tanpa dia, Swiss juga tak merasakan perbedaan.

Pemain Muda: Pemain berusaia 19 tahun Eren Derdiyok, mencetak tujuh dari lima laga untuk timnas U-21. Ia mencetak gol satu gol pada debutnya saat melawan Inggris di skuad senior pada Februari lalu. Katanya, dia sangat ingin bermain bersama Michael Owen.

Wild Card: Frei mungkin sulit untuk diprediksi. Ia pernah bertengkar dengan Steven Gerrard, tapi ia kemudian menyesali perbuatannya dengan berdiam diri menyaksikan hewan Llama di kebun binatang di Basel.
"Saya belajar dari bintang itu untuk mengingatkan diri sebagai pemain yang harus fokus dan tidak harus mengumbar emosi," katanya. Namun untuk pemain emosional, Benjamin Huggel adalah pemenangnya, ia dihukum enam laga karena menendang pelatih Turki.

WAG to watch: Elena Bonzanni (pacar Valon Behrami). Ia seorang model yang bercita- cita tterjun di dunia akting perfilman.

Suporter: 20 persen penduduk negara ini mengatakan tidak akan menonton kejuaraan ini.

Prediksi: Urutan kedua di grup, lalu kalah dari Jerman di perempatfinal.

Skuad Swiss:
Kiper: 1 Benaglio (Wolfsburg), 18 Zuberbühler (Xamax Neuchatel), 21 Jakupovic (Grasshoppers). Bek: 2 Djourou (Arsenal), 3 Magnin (Stuttgart), 4 Senderos (Arsenal), 5 Lichtsteiner (Lille), 13 Grichting (Auxerre), 17 Spycher (E Frankfurt), 20 Müller (Lyon), 23 Degen (B Dortmund). Gelandang: 6 Huggel (Basel), 7 Cabanas (Grasshopper), 8 Inler (Udinese), 10 H Yakin (Young Boys), 14 Gygax (Metz), 15 Fernandes (Man City), 16 Barnetta (B Leverkusen), 19 Behrami (Lazio), 22 Vonlanthen (Salzburg). Penyerang: 9 Frei (B Dortmund), 11 Streller (Basel), 12 Derdiyok (Basel).

TURKI
Prediksi Juara: 40-1 (Tidak lolos kualifikasi EURO 2004)

Usaha Tim: Sangat jelas bahwa Turki sekarang berusaha melakukan revolusi pemain tapi belum menemukan penampilan bagus semasa era Hakan Sukur. Pelatih Fatih Terim tengah berjuang untuk membuat tim menyatu dan bekerja bersama sebagai satu unit.
Namun hingga saat ini belum berhasil setelah cederanya Gokhan Gonul --bek kanan Fenerbahce. Untuk lini belakang mereka lebih mengkhawatirkan, Servet Cetin dan Gokhan Zan keduanya sangat lamban.
Untuk lini tengah, mereka sangat kreatif, dan mereka juga memiliki striker yang sangat bagus dan powerfull pada diri Nihat Kahveci. Musim ini Nihat memiliki musim gemilang di Villarreal, karena itu sangat disayangkan jika gagal memberi dukungan untuknya.

Pemain Bintang: Marco 'Mehmet' Aurelio, adalah pemain naturalisasi yang diharapakan membuat kegemilangan bagi skuad Turki. Pemain asal Rio, Brasil ini bisa menjadi kunci lapangan tengah untuk memberi dukungan bagi Nihat.

Pemain Muda: Arda Turan, pemain berusia 21 tahun yang dibeli Galatasaray 4 juta pounds bermain impresif di posisi sayap. Driblingnya yang menawan membuatnya disebutan cetakan Luis Nai (Portugal).

Wild Card: Emre Belozoglu. Musim lalu ia meminta maaf karena tak bisa sering tampil karena cedera, tapi kemudian ia mendapatkan tempat spesial selama laga kualifikasi. Dia adalah kapten untuk saat ini.

WAG to watch: Masih menunggu. Sebab, pelatih Fatih Terim menempatkan delapan penjaga untuk melarang pemain meninggalkan hotel di Swiss guna menghabiskan malam di diskotek bersama perempuan nakal.

Suporter: Banyak berdatangan, khususnya keturunan yang tinggal di dua negara dan juga tinggal di Jerman. Nyaris pendukung Turki sangat terkenal dengan keganasannya tapi banyak pula yang mmebeli tiket dan membooking hotel.

Prediksi: Juru kunci Grup A.

Skuad Turki
Kiper: 1 Recber (Besiktas), 12 Zengin (Trabzonspor), 23 Demirel (Fenerbahce). Bek: 2 Cetin (Galatasaray), 4 Zan (Besiktas), 13 Gungor (Galatasaray), 15 Asik (Ankaraspor), 20 Sarioglu (Galatasaray), 22 Hamit Altintop (B Munich). Gelandang: 3 Balta (Galatasaray), 5 Belozoglu (Newcastle), 6 Topal (Galatasaray), 7 Aurelio (Fenerbahce), 10 Karadeniz (R Kazan), 11 Metin (Larissa), 14 Turan (Galatasaray), 16 Boral (Fenerbahce), 17 Tuncay (M'bro), 19 Akman (Galatasaray). Striker: 8 Nihat (Villarreal), 9 Senturk (Fenerbahce), 18 Kazim (Fenerbahce), 21 Erdinc (Sochaux).

Tidak ada komentar: