Selasa, Juni 03, 2008

Catatan Grup B

AUSTRIA
Prediksi Juara: 100-1 (EURO 2004 tidak lolos kualifikasi)

Usaha tim: Setiap pemain memimpikan mengulang 'the miracle in Cordoba' (keajaiban di Cordoba) ketika Austria mengalahkan Jerman di Piala Dunia 1978. Itulah obsesi nasional dimana para pemain diharapkan bekerja keras untuk mengulang peristiwa manis tersebut.
Pelatih Josef 'Pepi' Hickersberger termasuk satu contoh yang diharapkan bisa membawa Austria berjaya dengan memberinya kesempatan kedua, setelah pertama mengalami kekalahan atas Kepulauan Faroe.
Kenyataannya adalah skuad hanyalah rongsokan. Sangat sedikit pemain mereka yang bermain untuk klub di luar liga domestik. Pemain Wigan Paul Scharner tak dipanggil skuad oleh Hickersberger. Itu bisa jadi salah satu kesalahan kubu tuan rumah.

Pemain bintang: Martin Stranzl, Bek Spartak Moskow ini diharapkan menjadi pusat perhatian.

Pemain muda: Sebastian Prödl, adalah pemain muda Werder Bremen yang impresif.

Wild card: Gelandang Middlesbrough Emanuel Pogatetz. Dengan julukan 'Mad Dog' (Anjing Gila)setelah mematahkan kaki pemain lawan saat melawan Spartak, dia menyalahkan Hickersberger yang memakai taktik tak layak. Anehnya ia masih berada di skuad.

WAG to watch: Mrs Pogatetz, Mirjam. Tahun lalu istri Pogatetz itu menyelesaikan lari maraton.

Suporter: Optimisme tinggi diberikan warga tapi pekan ini televisi Austria menayangkan kebohongan tentang Keajaiban semangat Vienna. Feature itu dibuat striker Peter Hurska, yang mencetak gol sensasional ke gawang Jerman dan Belanda saat Austria memenangi turnamen tiga negara.

Prediksi: Urutan ketiga grup B

Skuad Austria
* Kiper: 1 Manninger (Siena), 21 Macho (AEK Athens), 23 Ozcan (Hoffenheim). * Bek: 2 Standfest (A Vienna), 3 Stranzl (S Moscow), 4 Pogatetz (Middlesbrough), 12 Gercaliu (A Vienna), 13 Katzer (R Vienna), 15 Prödl (S Graz), 16 Patocka (R Vienna), 17 Hiden (A Carinthia). * Gelandang: 5 Fuchs (Mattersburg), 6 Aufhauser (Salzburg), 8 Leitgeb (Salzburg), 10 Ivanschitz (Panathinaikos), 11 Korkmaz (R Vienna), 14 Garics (Napoli), 19 Säumel (S Graz), 20 Harnik (W Bremen). * Penyerang: 7 Vastic (Linz), 9 Linz (Braga), 18 Kienast (Ham-Kam), 22 Hoffer (R Vienna).

KROASIA
Prediksi juara: 12-1 (EURO 2004 hanya finish di urutan ketiga grup)

Usaha tim: Mengungguli Inggris dan melakukan tugas yang seharusnya mereka lakukan, tapi kehilangan striker Arsenal Eduardo Da Silva yang cedera patah kaki, adalah masalah yang besar bagi mereka.
Eduardo mencetak 10 gol selama babak kualifikasi yang menjadikannya striker tertajam ketiga di Kroasia. Kini pelatih Slaven Bilic berharap pada Ivan Klasnic, Mladen Petric, dan Igor Budan. Berita yang buruk.

Pemian bintang: Luka Modric, playmaker baru Spurs, adalah hati tim dan Inggris tak lolos dari kualifikasi karena dia. "Hanya Kaká yang lebih baik darinya," kata Bilic.

Pemain muda: Ivan Rakitic, memiliki bakat yang luar biasa. Pemain 20 tahun ini diharapkan berkembang pesat setelah dikenai hukuman oleh klubnya Schalke karena alasan "nightclub". Sangat sempurna untuk West Ham atau Everton, merekrutnya, tapi Schalke meminta minimal 12 juta Pound (senilai Rp 221 miliar).

Wild card: Josip Simunic, adalah pemain yang tiga kali menerima kartu di Piala Dunia 2006 oleh wasit Graham Poll. Ia mengakui berharap bisa bermain profesional setelah menerima enam kartu merah dalam 18 bulan.
"Saya tak pernah berniat serius untuk mencederai lawan saya. Tapi itu selalu saja terjadi, karena itu saudah saatnya saya bermain hati-hati," kata Simunic.

WAG to watch: Robert Kovac menikahi mantan runner up Miss World Anica Martinovic. Mereka telah tahu satu sama lain sejak mereka kecil dan menonton pertandingan kick-boxing di waktu-waktu luang.

Suporter: Lagu favorit yang bakal selalu terdengar: "We're not many, but it doesn't matter/We're capable of destroying anybody's dreams." (Kami tak banyak, tapi itu tak masalah/Kami bisa menghancurkan semua mimpi tim lain)

Prediksi: Runner up grup, tapi akan kalah dari Portugal di perempatfinal.

Skuad Kroasia
* Kiper: 1 Pletikosa (S Moscow), 12 Galinovic (Panathinaikos), 23 Runje (Lens). * Bek: 2 Simic (Milan), 3 Simunic (H Berlin), 4 R Kovac (B Dortmund), 5 Corluka (Man City), 6 Vejic (Tom Tomsk), 13 Pokrivac (Monaco), 15 Knezevic (Livorno). * Gelandang: 7 Rakitic (Schalke), 8 Vukojevic (D Zagreb), 10 N Kovac (Salzburg), 11 Srna (S Donetsk), 14 Modric (Spurs), 16 Leko (Monaco), 19 Kranjcar (Portsmouth), 22 Pranjic (Heerenveen). * Penyerang: 9 Kalinic (H Split), 17 Klasnic (W Bremen), 18 Olic (Hamburg SV), 20 Budan (Parma), 21 Petric (B Dortmund).

JERMAN
Prediksi juara: 4-1 (EURO 2004, menempati posisi ketiga grup)

Usaha tim: Mereka masih memiliki euforia dari perhelatan World Cup 2006, saat itu Jerman tiba-tiba muncul sebagai tim yang menganut gaya menyerang, mencetak banyak gol, satu kesatuan tim, dan mampu survive.
Mereka tak mampu menang dalam satu pertandingan sejak Euro 1996, tapi dengan pemain berpengalaman seperti Michael Ballack, Torsten Frings, dan Christoph Metzelder (yang dua terakhir baru pulih dari cedera), mereka bakal memberi mimpi baru.
Kemudian masih ada Mario Gómez, Simon Rolfes, dan Piotr Trochowski, mereka memiliki peluang nyata untuk memberi jalan terbaik. Gol-gol juga bakal mengalir dari Gómez, Miroslav Klose, Lukas Podolski, dan Kevin Kuranyi. Jerman terlihat sangat kuat.

Pemain bintang: Michael Ballack, putus asa untuk memenangi gelar setelah beberapa kali mengalami kekecewaan (gagal di final Liga Champions saat bersama Leverkusen dan Chelsea)

Pemain muda: Mario Gómez, striker Stuttgart berusia 22 tahun ini tak terbantahkan lagi sebagai salah satu penyerang berbakat Jerman sejak era Rudi Völler. Tinggi dan kokoh, dia hanya akan pindah ke klub empat besar Inggris dengan banderol 20 juta Pound (Rp 369 miliar). Tapi ayahnya yang asli Spanyol,, membuat Barcelona siap membujuknya untuk pindah.

Wild card: Jens Lehmann salah satu pemain yang bis amuncul sebagai kekuatan Der Panzer, seperti halnya Mario Gómez atau Torsten Frings.

WAG to watch: Bastian Schweinsteiger memiliki dengan lima pacar selama 18 bulan terakhir. Tapi pacar yang sangat disayanginya dan juga paling terakhir adalah Sarah Brandner. "Dia model blonde yang memiliki pengaruh besar dalam performa saya," kata Schweini.

Suporter: Akan mendukung sepenuhnya. Tidak ada jarak yang lama untuk melakukan perjalanan dan akan mendukung seperti halnya di kandang sendiri seperti di PD 2006 lalu.

Prediksi: Juara grup dan memenangi turnamen.

Skuad Jerman
* Kiper: 1 Lehmann (Arsenal), 12 Enke (Hannover), 23 Adler (B Leverkusen). * Bek: 2 Jansen (Bayern), 3 Friedrich (H Berlin), 4 Fritz (W Bremen), 5 Westermann (Schalke) 16 Lahm (Bayern), 17 Mertesacker (W Bremen), 21 Metzelder (R Madrid). * Gelandang: 6 Rolfes (B Leverkusen), 7 Schweinsteiger (Bayern), 8 Frings (W Bremen), 13 Ballack (Chelsea), 14 Trochowski (Hamburg), 15 Hitzlsperger (Stuttgart), 18 Borowski (W Bremen). * Striker: 9 Gómez (Stuttgart), 10 Neuville (B M'gladbach), 11 Klose (Bayern), 19 Odonkor (R Betis), 20 Podolski (B Munich), 22 Kuranyi (Schalke).

POLANDIA
Bursa prediksi: 50-1 (EURO 2004 tak lolos kualifikasi)

Usaha tim: Untuk negara yang berada dalam situasi moral buruk karena skandal korupsi dan suap menyuap, timnas hanyalah harapan terakhir untuk memberikan kebanggaan. Pelatih Leo Beenhakker --yang membawa Trinidad & Tobago di Piala Dunia 2006, membawa keajaiban.
Pola 4-2-3-1 milik Polandia jika sudah berjalan tak akan mudah untuk dipatahkan. Dariusz Dudka dan Mariusz Lewandowski, dua gelandang bertahan akan memainkan peran terpentingnya.
Faktanya, Polandia mampu menjadi juara grup dengan mengalahkan kekuatan bola eropa pada tim seperti Portugal, Serbia, dan Belgium. Jadi jangan menganggap enteng negara yang menjalani debutnya ini.

Pemain bintang: Ebi Smolarek, striker Racing Santander yang juga anak legenda Wlodzimierz Smolarek, mencetak sembilan gol selama babak kualifikasi.

Pemain muda: Jakub Blaszczykowski, dia pemain berusia 22 tahun yang tengah menemukan sinarnya bersama klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Dia hanya akan dijual dengan harga di atas 5 juta pounds.

Wild card: Artur Boruc. Kiper Celtic ini bergembira menjalani debutnya di euro setelah waktu kecil tak menyukai sepakbola. Kini ia bbisa menjadi kunci Polandia dengan sarung tangannya.

WAG to watch: Boruc dan istrinya yang mempesona, Katarzyna, telah mendapatkan julukan sebagai psangan Becks and Posh miliki Polandia.

Suporter: Polandia adalah salah satu suporter yang bagus selama babak kualifikasi. Mereka mengikuti kemana saja tim mereka dengan bepergian 15 ribu mile ke Brussels dan 7 ribu mile ke Lisbon. Kebanyakan dari mereka berangkat dari Inggris.
Mereka adalah sekumpulan fans yang keras dan pemarah saat tahu bahwa tidak cukup tersedia tiket asli untuk bisa mereka gunakan mendukung timnya.

Prediksi: Juru kunci grup

Skuad Polandia
* Kiper: 1 Boruc (Celtic), 12 Kuszczak (Man Utd), 22 Fabianski (Arsenal). * Bek: 2 Jop (FC Moscow),3 Wawrzyniak (L Warsaw), 4 Golanski (S Bucharest), 6 Bak (A Vienna), 13 Wasilewski (Anderlecht), 14 Zewlakow (Olympiakos), 15 Pazdan (G Zabrze), 23 Kokoszka (W Krakow). * Gelandang: 5 Dudka (W Krakow), 7 Smolarek (R Santander), 8 Krzynowek (Wolfsburg), 10 Gargula (GKS Belchatow), 16 Blaszczykowski (B Dortmund), 17 Lobodzinski (W Krakow), 18 Lewandowski (S Donetsk), 19 Murawski (L Poznan), 20 Roger (L Warsaw). * Penyerang: 9 Zurawski (Larissa), 11 Saganowski (Soton), 21 Zahorski (Zabrze).

Tidak ada komentar: