Selasa, Juni 03, 2008

Catatan Grup C

PRANCIS
Peluang Kemenangan: 15-2
Euro 2004: Kalah saat diperempat final oleh Yunani

Usaha Tim:
Raymond Domenech begitu mantap menentukan skuadnya hingga menjadi tim yang benar-benar solid dan ditakuti lawan. Meski tanpa memasukan pemain-pemain muda berbakat seperti David Trezequet, Mathieu Flamini, Djibril Cisse dan Gael Clichy. Kemungkinan besar, Domenech akan memasangkan Nicolas Anelka atau karim Benzema dengan Thierry Henry pada formasi 4- 4-2. Berharap banyak kepada Lilian Thuram, Claude Makalele dan Patrick Vieira yang akan membantu serangan dan diturunkan sebagai starter agar bisa melanjutkan ke babak berikutnya. Memiliki pemain tengah yang bagus, di barisan pertahanan ada Sebastien Squillaci dan tentu saja ada si unik Jean-Alain Boumsong.

Pemain Bintang:
Franck Ribery. Domenech memberi kebebasan penuh kepada motor serangan Bayern Muenchen ini di lapangan.

Pemain Berbakat:
Befetimbi Gomis, motor serangan St Etienne yang mendapat julukan The New Didier Drogba. Newcastle menawarnya senilai 9 juta poundsterling. Sedangkan Arsenal pun tengah membidiknya setelah sebelumnya menggaet gelandang Marseille, Samir Nasri Marseille, senilai 12,5 juta poundsterling,.

Perlu Diwaspadai:
Penjaga gawang Gregory Coupet menjadi perhatian serius Domenec sebelum Piala Dunia 2006 lalu. Domenech berharap ia bisa tampil gemilang dan bisa menangkap dan memotong bola dengan lebih tenang lagi serta lebih lengket.

WAG yang Mencuri Perhatian:
Istri Claude Makalele, Noemie Lenoir yang berprofesi sebagai model dan aktris yang belum lama ini menjadi ikon perusahaan Marks & Spencer di Inggris. Juga membintangi sejumlah film layar lebar seperti After The Sunser atau Rush Hour 3 bersama Jackie Chan.

Penggemar fanatik:
Allez Les Bleus, Allez Les Bleus, Allez Les Bleus...yang tak jarang juga membuat keributan.

Prediksi:
Menduduki peringkat kedua di Grup C, berharap bisa bertemu dengan Spanyol dan mengalahkan skuad Matador ini di babak perempat final.

Formasi:
Kiper: 1 Mandanda (Marseille), 16 Frey (Fiorentina), 23 Coupet (Lyon). Bek: 2 Boumsong (Lyon), 3 Abidal (Barcelona), 5 Gallas (Arsenal), 13 Evra (Man Utd), 14 Clerc (Lyon), 15 Thuram (Barcelona), 17 Squillaci (Lyon), 19 Sagnol (B Munich). Tengah:: 4 Vieira (Inter), 6 Makelele (Chelsea), 7 Malouda (Chelsea), 11 Nasri (Marseille), 20 Toulalan (Lyon), 21 Diarra (Portsmouth), 22 Ribéry (B Munich). Depan: 8 Anelka (Chelsea), 9 Benzema (Lyon), 10 Govou (Lyon), 12 Henry (Barcelona), 18 Gomis (St-Etienne).

ITALIA
Peluang Kemenangan: 7-1
Euro 2004: Menempati posisi ketiga dalam grup

Usaha Tim:
Sungguh suatu usaha yang cerdik di awal karirnya sebagai pelatih, termasuk ketika berhasil menahan imbang Lithuania pada babak kualifikasi, Roberto Donadoni membangun skuadnya begitu mengesankan, rapi yang menonjolkan sepakbola begitu atraktif di lapangan. Meski kehilangan Fransesco Totti dan Alessandro Nesta --keduanya mengundurkan diri dari panggung sepakbola internasional, tapi skuad Azzuri memiliki pemain-pemain berkualitas yang akan bertarung di grup 'Neraka'. Sebut saja misalnya, Alessandro Del Piero, 33, usai mengikuti musim kompetisi yang melelahkan, ketat, dan panjang bersama Juventus turut memperkuat serta memberikan motivasi tersendiri bagi tim Italia.

Pemain Bintang:
Luca Toni, mesin gol yang sudah mengemas 39 gol bersama Bayern Munich pada musim ini.

Pemain Berbakat:
Alberto Aquailani. Pemain tengah yang memiliki talenta komplet dan menurut Gianluigi Buffon merupakan salah seorang pemain terbaik dunia yang dimiliki Italia. Selesai kontaknya dengan Roma pada 2010, Alberto berniat hendak hengkang dari kesebelasan yang telah membesarkannya. Salah satunya, klub Arsenal sudah mengantre untuk menggaetnya.

Perlu Diwaspadai:
Antonio Cassano. Didenda 80 ribu poundsterling dan sekaligus menutup lima gim terakhir pada musim kompetisi lalu dengan diganjar ke luar lapang oleh wasit karena memarahi wasit. Baru- baru ini, media massa memberitakan kalau dia bangkrut.

WAG yang Mencuri Perhatian:
Kekasih Gianluigi Buffon, Alena Seredova yang berprofesi sebagai model yang kerap berpose mengenakan bikini. Selain itu, kekasih dari Marco Borriello, Belen Rodriguez yang popularitasnya mengemuka saat Marco didapuk menggunakan doping. Ketika itu, Marco mengaku menggunakan obat semacam salep yang dioleskan pada bagian sensitifnya sebelum mereka melakukan hubungan badan.

Penggemar Fanatik:
Berbondong-bondong akan datang pengemar fanatik tim Azzuri terutama para imigran yang tinggal di Switzerland.

Prediksi:
Menjadi pimpinan grup, mereka berharap akan berhadapan dengan Rusia dan mengalahkannya hingga bisa masuk babak perempat final .

Formasi:
Kiper: 1 Buffon (Juventus), 14 Amelia (Livorno), 17 De Sanctis (Sevilla). Bek: 2 Panucci (Roma), 3 Grosso (Lyon), 4 Chiellini (Juventus), 5 Cannavaro (R Madrid), 6 Barzagli (Palermo), 19 Zambrotta (Barcelona), 23 Materazzi (Inter). Tengah: 8 Gattuso (Milan), 10 De Rossi (Roma), 13 Ambrosini (Milan), 16 Camoranesi (Juve), 20 Perrotta (Roma), 21 Pirlo (Milan), 22 Aquilani (Roma). Depan: 9 Toni (Bayern), 7 Del Piero (Juve), 11 Di Natale (Udinese), 12 Borriello (Genoa), 15 Quagliarella (Udinese), 18 Cassano (Sampdoria, loan from R Madrid).

BELANDA
Peluang Kemenangan: 12-1
Euro 2004: Kalah dari Portugal pada semifinal

Usaha Tim:
Masa suram tengah melanda tim Belanda. Betapa tidak, track rekor yang mereka bikin sepanjang jelang Euro 2008 masalah di dalam tim yang berdampak langsung merusak keharmonisan mereka. Meski akhirnya bisa menyelesaikan masalah tersebut jelang detik-detik terakhir jelang Euro 2008. Clarence Seedorf yang tak masuk dalam skuad Oranye beberapa pekan lalu sempat mengatakan, kalau Marco van Basten menyebut dirinya sebagai "Bintang Hollywood". Seedorf tak suka dengan hal tersebut dan ia pun tak bisa bila harus bermain dengan keadaan seperti itu. Lain halnya dengan Marc van Bommel yang mengaku tak mau gabung kalau van Basten masih menukangi Belanda. Meski begitu, harapan Belanda tertumpu pada Ruud van Nistelrooy yang sudah kembali pada performanya, disokong dengan Robin van Persie (kalau sehat), belum lagi pemain-pemain terbaik yang tak terbantahkan dan kini diperhitungkan di kawasan Eropa, Rafael van der Vaart serta Wesley Sneijder.


Pemain Bintang:
Rafael van der Vaart. Kesempatan yang bagus baginya untuk membuktikan diri sebagai pemain bintang di even-even besar sekelas Euro 2008.

Pemain Berbakat:
Ibrahim Afellay. Meski memulai karirnya di bangku cadangan, tapi pemain tengah PSV ini tak terbantahkan lagi kelak menjadi pemain berbakat yang dimiliki Belanda. Ketajamannya tengah diasah di Middelsbrough.

Perlu Diwaspadai:
Robin van Persie yang tak berpendirian. Ia berencana akan lebih banyak bermain tenis meja diantara games. Seperti pada musim panas lalu di Marbela. Ia begitu tertarik untuk bermain tenis meja yang dimiliki tetangganya. Awalnya, ia sering mendengar orang bermain dengan irama yang menggugah keinginannya untuk melihat. Lama-kelamaan membuatnya keranjingan.

WAG yang Mencuri Perhatian:
Syvie van der Vaart, model, aktris dan presenter. Tapi, suaminya Rafael menolak untuk tidur seranjang dengannya selama turnamen berlangsung. "Mungkin itu yang terbaik bagi dia. Tangannya sangat berat. Kalau saya ada dalam pelukannya, enggak bisa lepas," ujar Sylvie.

Penggemar Fanatik:
Penggemar fanatik Belanda cukup terkenal terutama dengan ribuan orang yang bakal memasang tenda khusus di sekitar stadion dimana tim kesayangan mereka berlaga. Kemudian mereka kerap meneriakan "Hidup Belanda!"

Prediksi:
Menjadi juru kunci di Grup C.

Keepers: 1 Van der Sar (Man Utd), 13 Timmer (Feyenoord), 16 Stekelenburg (Ajax). Defenders: 2 Ooijer (Blackburn), 3 Heitinga (Ajax), 4 Mathijsen (Hamburg), 5 Van Bronckhorst (F'noord), 12 Melchiot (Wigan), 14 Bouma (A Villa), 15 De Cler (F'noord). Midfielders: 6 De Zeeuw (Alkmaar), 7 Van Persie (Arsenal), 8 Engelaar (Twente), 10 Sneijder (R Madrid), 11 Robben (R Madrid), 17 De Jong (Hamburg), 20 Afellay (PSV), 23 Van der Vaart (Hamburg). Forwards: 9 Van Nistelrooy (R Madrid), 18 Kuyt (L'pool), 19 Huntelaar (Ajax), 21 Babel (L'pool), 22 V of Hesselink (Celtic).

RUMANIA
Peluang Kemenangan: 40-1
Euro 2004: Gagal di babak kualifikasi

Usaha Tim:
Ini merupakan kali pertama Rumania dalam delapan tahun terakhir masuk mengikuti perhelatan akbar sekela Euro 2008. Tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka tak terlalu berharap banyak, bisa main imbang saja dalam setiap pertandingan di grup 'Neraka' ini saja sudah cukup. Namun lain halnya dengan striker Adrian Mutu yang memilih timnya tidak hanya sekadar draw. "Ini saatnya ketika kebenaran itu datang dan seandainya kita bisa bermain lebih baik dari tim-tim yang ada untuk selanjutnya kita menyelesaikannya hingga babak akhir. Saya pikir hanya begitu saja. Tanggung jawab Adrian dan kawan-kawan adalah bertahan dengan tiga gelandang bertahan - Christian Chivu, Paul Codrea, dan Ciprian Marica di depan. Piturca sang pelatih yang kerap selalu mengenakan busana serba hitam dengan angka yang tertulis '666' sehingga mendapat julukan, 'Satan'. Mengenai hal ini, secara tak langsung menjadi peringatan bagi tim lain, Italia, Prancis, dan Belanda.

Pemain Bintang:
Adrian Mutu. Setelah berhasil terbebas dari jerat skandal narkoba saat tergabung di Chelsea dan kini sudah mantap merumput, terutama setelah menikah serta menetap di Florence. Sungguh tak ada yang menduga sebelumnya.

Pemain Berbakat:
Bek tengah Dorin Goian dibeli Steaua Bucharest senilai 3 juta poundsterling pada musim ini. Harga yang lebih tinggi ketimbang pemain tengah Razvan Cocis.

Yang Perlu Diwaspadai:
Bek Cosmin Contra. Suatu kali pernah menantang Edgar Davids untuk berkelahi dalam suatu kesempatan pertandingan. Dikhawatirkan sifat buruknya yang urakan serta temperamental di lapangan akan terbawa saat laga di Euro 2008 dan itu akan merugikan tim nya.

WAG yang Mencuri Perhatian:
Semua mata akan dapat menyaksikan kecantikan antara istri Adrian Mutu, Consuelo Matos yang berprofesi sebagai model asal Republik Dominica dan pasangan hidup Christian Chivu, yaitu Adelina Elisei yang memiliki daya tarik tersendiri, selain profesinya sebagai pembaca berita juga penyuka berat olahraga.

Penggemar Fanatik:
Cukup banyak penggemar fanatik terutama mereka yang tinggal di sekitar Eropa yang akan datang guna memberi suport bagi tim kesayangan mereka.

Prediksi:
Menduduki posisi ketiga di Grup C

Formasi:
Kiper: 1 Lobont (D Bucharest), 12 Popa (PS Timisoara), 23 Stancioiu (CFR Cluj). Bek: 2 Contra (Getafe), 3 Rat (S Donetsk), 4 Tamas (Auxerre), 5 Chivu (Inter), 6 Radoi (S Bucharest), 13 Sapunaru (R Bucharest), 14 Ghionea (S Bucharest), 15 Goian (S Bucharest), 17 Moti (D Bucharest), 22 Radu (Lazio). Tengah: 7 Petre (CSKA Sofia), 8 Codrea (Siena), 11 Cocis (L Moscow), 16 Nicolita (S Bucharest), 19 Cristea (D Bucharest), 20 Dica (S Bucharest). Depan: 9 Marica (Stuttgart), 10 Mutu (Fiorentina), 18 M Niculae (Inverness CT), 21 D Niculae (Auxerre).

Tidak ada komentar: