Kamis, Juni 19, 2008

Turki: Comeback Rustu

Masalah akumulasi dan cedera menjadi musuh Turki saat bertemu Kroasia di babak perempatfinal Euro 2008 Austria-Swiss. Turki tampil tanpa kiper utama Volkan Demirel pada partai yang dimainkan di Ernst Happel Stadion, Vienna, Sabtu (21/6) dini hari.
Untuk mengisi posisi kiper Fenerbahce itu yang terkena kartu merah di laga melawan Repbulik Ceko itu, pelatih Fatih Terim memutuskan bakal memainkan kiper kedua yang juga kiper senior, Rustu Recber.
Kembalinya Rustu di bawah mistar gawang Turki juga menjadi ajang comeback kiper Besiktas itu tim nasional. Mantan kiper Barcelona itu tersingkir dari skuad utama Terim karena dianggap sering gagal memainkan peran terbaiknya menjaga gawang.
Meski sempat tergusur oleh Volkan, Rustu sendiri tetaplah kiper yang tercatat sebagai penjaga gawang terbanyak yang tampil bersama skuad berjuluk Ay-Yildizlilar itu (Moon and Stars).
Rustu hingga di Euro 2008 ini telah memainkan 117 kali. Ia menjalani masa emas ketika mengawal gawang Turki di Piala Eropa tahun 1996 (Inggris) dan tahun 2000 (Belgia-Belanda). Total Rustu sudah tujuh kali tampil di pentas euro.
Pencapaian terbaik dari mantan kiper Fenerbahçe adalah membawa Turki ke perempatfinal Euro 2000. Sayang di laga delapan besar itu, gawangnya bobol dengan skor 2-0 oleh dua gol sepakan Nuno Gomes pada menit ke-44' dan ke-56'.
"Jika saya memang akan tampil, tentu adalah kemampuan terbaik yang akan saya berikan untuk negara saya. Itu adalah kepercayaan yang harus saya manfaatkan sebaik mungkin," kata Rustu seperti dikutip dari AP, Kamis (19/6).
Rustu juga menambahkan kalau dirinya ingin membalas kegagalan Turki di perempatfinal Piala Eropa tahun 2000. Ia ingin membawa bangsanya mencapai sejarah terbaik dengan menembus babak semifinal.
"Saya pikir kami bisa ke semifinal. Saya ingin membalas kegagalan saya di Euro 2000 yang dua kali di bobol striker Portugal," tambahnya.
Mulai Berlatih
Kabar baik juga menyertai tim Bulan Bintang ketika mereka melakukan latihan di Krems training centre, dekat Kota Vienna, Austria. Para pemain yang sebelumnya mengalami cedera ringan seperti gelandang Tumer Metin menjalani latihan ringan.
Pemain Fenerbahce yang dipinjamkan kepada klub Larissa itu sebelumnya mengalami cedera paha. Ia absen pada laga dramatis melawan Ceko yang berakhir 3-2 untuk Turki.
Keikutsertaan Metin dalam sesi latihan jelas memberi semangat bagi Pelatih Fatih Terim menjelang laga menghadapi Kroasia. Pasalnya Mehmet Aurelio dan Emre Belozoglu dipastikan absen karena akumulasi dan cedera.
Kondisi yang sama juga dialami bek tengah Servet Cetin, Emre Gungor, dan Gokhan Zan. Ketiga bek yang menjadi pilar Turki ini masih dibekap problem kunci otot paha. Keduanya sangat meragukan untuk tampil melawan Kroasia.


Bonus Rp 2,16 M
SETIAP anggota skuad Turki bakal mendapatkan uang kontan senilai masing-masing 150 ribu euro (senilai Rp 2,16 miliar) karena berhasil lolos ke perempat final Euro 2008. Uang tersebut sebelumnya telah dijanjikan Federasi Sepakbola Turki.
Bonus tersebut dikatakan juru bicara Federasi Sepakbola Turki, di Ankara, untuk membuat pasukan Fatih Terim terus bersemangat untuk menjalani pertandingan perempatfinal selain juga janji sebelum putaran final euro.
Menanggapi hadiah itu, tiga pemain senior seperti Rustu Recber, Emre Belozoglu, dan Nihat Kahveci menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Federasi Sepakbola Turki. Mereka juga berharap bisa mengalahkan Kroasia di perempatfinal.
Turki terakhir kali bertemu Kroasia pada fase grup putaran final Euro 1996 yang dimenangi Kroasia 1-0. Saat itu gawang Rustu dibobol oleh gelandang Goran Vlaovic yang membuat mereka pulang awal.
Denda Turki
Jika para pemain Turki mendapat bonus, sebaliknya kiper Volkan Demirel yang dipastikan kena hukuman tidak boleh bermain sebanyak dua kali karena kartu merah, juga harus membayar denda.
Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) menjatuhkan denda sebesar 44 ribu Swiss francs (27 ribu euro atau 42 ribu dollar AS) kepada Federasi Sepakbola Turki.
Hukuman itu disebabkan Volkan terbukti bersalah memukul striker Republik Ceko Jan Koller saat Turki berhadapan dengan Ceko di pertandingan terakhir Grup B. Kesalahan lainnya akibat tindakan pendukung, pemain, dan official Turki yang memaksa masuk lapangan.
"Sanksi denda 44 ribu dan larangan dua kali bermain untuk kiper Turki diambil berdasarkan fakta di lapangan. Volkan duduk di bangku cadangan setelah mendapat kartu merah, seharusnya di kamar ganti," kata juru bicara UEFA William Gaillard. (Persda Network/rif)




Pengoleksi Kartu Terbanyak

TIM manakah yang paling banyak mengoleksi kartu selama perhelatan babak penyisihan grup di Euro 2008? Jawabannya taklain adalah Turki. Tim yang akan menghadapi Kroasia di babak perempatfinal itu mengantongi 11 kartu (kartu kuning dan kartu merah).
Koleksi kartu paling banyak diraih Turki di laga terakhir ketika melawan Republik Ceko dalam partai penentuan perebutan tiket perempatfinal. Lima kartu di kantongi dan satu di antaranya adalah red card untuk kiper Volkan Demirel.
Sedangkan di dua laga melawan Portugal dan Swiss, masing-masing Turki membukukan tiga kartu kuning. Dan posisi paling banyak mengoleksi kartu adalah lini tengah yang nyaris semua pemain Turki sudah mengantonginya.
"Kami sebenarnya bukan pemain yang ganas melakukan takling. Mungkin kami kurang beruntung saja hingga dijatuhi kartu kuning. Termasuk saat saya harus absen di laga melawam Kroasia karena akumulasi," kata Mehmet Aurelio.
Posisi Turki pada laga melawan Kroasia juga sangat rawan. Kalaupun mereka mampu menang dan lolos ke babak berikutnya. Ada sejumlah pemain yang bakal absen jika pada laga yang dimainkan di Ernst Happel Stadion, Vienna, mendapat kartu kuning lagi.
Emre Asik, Mehmet Topal, Arda Turan, Tuncay Sanli, Hakan Balta, Gokhan Zan, Colin Kazim-Richards, dan Sabri Sarioglu bakal absen di semifinal jika mereka kembali menerima kartu kuning di partai ini.
"Karena itu, saya mengatakan kepada rekan-rekan untuk berhati-hati melakukan takling yang kiranya itu kurang tepat waktunya. Sebab, jika kami kehilangan pemain lagi, tentu sangat merugikan tim," sesal Aurelio. (Persda Network/rif)

Koleksi Kartu
Total Negara KK KM Nama (kartu)
11 Turki 10 1 Aurelio (2), Emre Asik, Hakan, Kazim, Tuncay, Sabri, Mehmet, Arda, Gokhan, Volkan (red)
8 Italia 8 0 Gattuso (2), Pirlo (2), De Rossi, Toni, Zambrotta, Chiellini
7 Kroasia 7 0 Simunic, R.Kovac, Leko, Modric, Srna, Vejic, Vukojevic
5 Portugal 5 0 Bosingwa, Meira, Miguel, Ferreira, Ribeiro
4 Jerman 3 1 Ballack, Lehmann, Schweinsteiger (1 yellow, 1 red)
2 Belanda 2 0 de Jong, Ooijer
2 Rusia * 2 0 Saenko, Torbinskiy
1 Spain 1 0 Marchena
1 Sweden * 1 0 A. Svensson

*) KK: Kartu kuning, KM: Kartu merah, Source: Infostrada Sports


Data Pertemuan
* Kroasia tidak pernah kalah saat bertemu Turki dalam tiga kali sepanjang sejarah mereka. Kroasia menang sekali dan bermain imbang dua kali.
* Di Euro 1996, Kroasia mengalahkan Turki 1-0 di babak penyisihan grup melalui gol tunggal Goran Vlaovic pada menit ke-85. Fatih Terim saat itu adalah pelatih Turki saat itu, sedangkan pelatih utama Kroasia, Slaven Bilic, justru menjadi pemain dalam laga tersebut.
Perlu Anda Tahu

* Sukses Turki tampil di perempatfinal Piala Eropa 2008 adalah ulangan sukses ketika mereka mencapai babak yang sama di Euro 2000. Sayang di Euro Belgia-Belanda mereka takluk oleh Portugal yang melaju hingga semifinal.
* Memiliki catatan rekor memasukkan kemasukan yang sama selama bermain di fase grup. Dari kemenangan dua kali atas Swiss (2-1) dan Republik Ceko (3-2) menutup kekalahan 2-0 atas Portugal.
* Dua pencetak gol mereka di Euro 2008, Arda Turan dan Nihat Kahveci menyamai pencapaian striker terdahulu Hakan Sukur sebagai top scorers Turki di Piala Eropa.
* Penjaga gawang Rustu Recber adalah pemain terbanyak yang mencatat rekor penampilan bersama Timnas Turki dengan bermain 116 kali. Dia kiper utama dalam tujuh laga di Euro 96 dan Euro 2000.
* Rustu bisa memecahkan rekor empat penjaga gawang lain yang tampil sebagai kiper utama di tiga Piala Eropa berbeda saat tampil di babak perempatfinal Euro 2008.
* Pada usia yang ke-35 tahun, Rustu bakal menjadi pemain tertua yang pernah dimainkan oleh Turki di perhelatan Piala Eropa.
* Mehmet Aurelio dan kiper Volkan Demirel menjalani hukuman pertandingan karena akumulasi kartu di partai sebelumnya.
* Emre Asik, Mehmet Topal, Arda Turan, Tuncay Sanli, Hakan Balta, Gokhan Zan, Colin Kazim-Richards, dan Sabri Sarioglu bakal absen di laga semifinal jika ia menerima kartu kuning di partai ini.


Penjelasan Terim
Modal Keyakinan
HASIL yang benar-benar luar biasa bagi kami bisa mencapai babak perempatfinal. Apalagi setelah kekalahan yang menyakitkan dari Portugal.
Namun kekalahan di laga pertama tidak menghapus keyakinan kami. Karena setelah itu, kami membuktikan bahwa kami mampu menjadi salah satu tim delapan besar.
Padahal ketika melawan Ceko, kami sudah mengisyaratkan akan memainkan adu penalti. Namun semuanya berakhir untuk sukses kami.
Semua itu berangkat dari keyakinan kami bakal ke perempatfinal. Dan selama karier saya menjadi pelatih, saya memang tak pernah berpikir untuk menyerah dalam sebuah pertandingan.
Saya salah satu orang yang tidak pernah kehilangan harapan. Saya telah begitu banyak melihat banyak hal yang bisa terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Itulah indahnya sebuah pertandingan sepakbola.
Dan menghadapi Kroasia, hal serupa tetap berlaku bagi kami. Tim kami hanyalah under dog saat melawan Kroasia yang jelas-jelas lebih diunggulkan karena mampu mengalahkan Jerman. (rif)

*) Fatih Terim, Pelatih Turki dikutip dari World Soccer


Player to Watch

Arda Turan

DARI jalanan menuju ke puncak, itulah sebutan publik Turki untuk Arda Turan. Gelandang muda itu memang mengawali karier sepakbolanya dari jalanan sebelum kemudian direkrut klub sepakbola Galatasaray pada usia 12 tahun --klub favoritnya.
Bersama klub raksasa Turki itu, Arda semakin matang sebagai pemain bola baik personalitasnya maupun kemampuan individunya. Bahkan ia mampu membawa klubnya menjadi juara dan kini ia telah memiliki beban berat untuk tim nasional Turki.
Arda Turan, dikenal sebagai 'golden boy' bagi skuad Fatih Terim setelah menaklukkan dua tim besar Eropa, Swiss dan Republik Ceko. Di usia 21 tahun pada Euro kali ini, ia juga akan menjadi andalan saat bertemu Kroasia.
Dua gol menjadi pembuktian dari gelandang muda yang di masa kecilnya menjadi penggemar George Hagi dan Emre Belozoglu itu. "Saya senang bermain untuk timnas. Dan inilah waktu yang tepat bagi saya untuk menunjukkan kemampuan," kata Arda dikutip harian Sabah. (rif)





Kondisi Tim
Turki memiliki masalah besar untuk mencetak gol di waktu-waktu normal, tidak dalam kondisi tertekan. Meski telah mencetak lima gol sejauh ini, namun rata-rata semua gol dihasilkan di masa akhir pertandingan. Bahkan empat gol dilesakkan setelah menit ke-86.
Ini sangat mengkhawatirkan jika lawan mereka mampu bertahan bagus di sisa pertandingan. Dan Kroasia adalah tim yang memiliki pertahanan sangat kokoh. Jerman gagal mencetak lebih dari satu gol dan mereka tumbang.
Masalah lain yang masih ditangani Fatih terim adalah soal kelelahan tim yang hingga saat ini belum beres-beres.

Strategi Tim
Pemain yang diharapkan bisa menjadi kunci permainan adalah pada gelandang sayap Ardan Turan. Meski masih muda dan minim pengalaman, gaya bermain santai yang kerap dimainkan pemain berusia 21 tahun ini, membuat striker Turki bisa nyaman dalam mencetak gol.
Dari kaki Turan, Turki berharap bisa membongkar pertahanan Kroasia yang sejauh ini baru kebobolan satu gol saja. Kombinasi Robert Kovac, Josep Simunic, Vedran Corluca, dan Dario Knezevic harus dibuat kehilangan konsentrasi.
Jika itu mampu dilakukan, striker Nihat Kahveci dan Tuncay Sanli yang lebih bermain lebih ke belakang bisa memanfaatkan ruang tembak untuk mencetak gol ke gawang Stipe Pletikosa.





Road to quarter final


15 Juni 2008
Turki 3-2 Republik Ceko
* Pencetak gol: Arda Turan 75', Nihat 87', 90' (Turki), Jan Koller 34', Jaroslav Plasil 62'
* Kartu kuning: Mehmet Topal 6', Mehmet Aurelio 10', Arda Turan 64', Emre Asik 73' (Turki), Thomas Galásek 80', Thomas Ujfalusi 90' (Ceko)
* Kartu merah: Volkan Demirel 90' (Turki)

11 Juni 2008
Swiss 1-2 Turki
* Pencetak gol: Hakan Yakin 32' (Swiss); Semih Senturk 57', Arda Turan 90'
* Kartu kuning: Erin Derdiyok 55' (Swiss); Tuncay Sanli 31', Mehmet Aurelio 41', Hakan Balta 48' (Turki)

7 Jun 2008
Portugal 2-0 Turki
* Pencetak gol: Pepe 61', Raul Meireles 90'
* Kartu kuning: Kazim-Richards 4', Gokhan Zan 51', Sabri Sarioglu 73' (Turki)

Laga Uji coba
29/05/2008 Finlandia (n) Friendly W 2-0
25/05/2008 Uruguay (n) Friendly L 2-3
20/05/2008 Slovakia (n) Friendly W 1-0
26/03/2008 Belarusia (a) Friendly D 2-2
06/02/2008 Swedia (h) Friendly D 0-0

Babak Kualifikasi
21/11/2007 Bosnia-Herz (h) Euro Qual W 1-0
17/11/2007 Norwegia (a) Euro Qual W 2-1
17/10/2007 Yunani (h) Euro Qual L 0-1
13/10/2007 Moldova (a) Euro Qual D 1-1
12/09/2007 Hungaria (h) Euro Qual W 3-0
08/09/2007 Malta (a) Euro Qual D 2-2
22/08/2007 Rumania (a) Friendly L 0-2

Bursa prediksi
Best odds 2.00 x 3.38 x 4.56
Interwetten 2.00 x 3.20 x 3.70
BetUK (UK) 1.90 x 3.10 x 4.00
Ladbrokes 1.91 x 3.00 x 3.75

Head to head
31/03/2004 Friendly Kroasia 2 - 2 Turki
12/06/1997 Friendly Kroasia 1 - 1 Turki
11/06/1996 Euro 1996 Turki 0 - 1 Kroasia


Tidak ada komentar: