Kamis, Juni 05, 2008

Direktur Rumah Sakit Pimpin Laga Pembuka

Sebuah kehormatan bagi Roberto Rosetti. Ia ditunjuk menjadi wasit yang memimpin pertandingan pembuka Euro 2008 di Austria-Swiss, Sabtu (7/6) besok. Pertandingan perdana itu mempertemukan tuan rumah Swiss melawan Rep Ceko yang berlangsung di Stadion St Jakob Park, Basel.
Dipilihnya Rosetti sesuai dengan pengumuman UEFA, Kamis (5/6) kemarin. Sebelumnya, direktur sebuah rumah sakit di Turin (Italia) ini juga menjadi wait saat pagelaran Piala Dunia 2006 dilangsungkan di Jerman.
Saat itu ia menjadi wasit terakhir yang dipanggil karena beberapa wasit lain yang dipersiapkan tak bisa berpartisipasi karena sakit. Saat itu yang bisa berpartisipasi hanya 21 wasit dari 23 yang diharapkan. Ia memimpin empat partai; tiga di penyisikan grup dan satu partai di babak kedua saat Prancis mengalahkan Spanyol 3-1.
Rosetti lahir di Pecetto Torinese, Torino, Italia, 18 September 1967. Ia tercatat sebagai wasit tertinggi karena memiliki tubuh menjulang 1.90 meter. Di Liga Champion 2008, ia memimpin laga semifinal antara Chelsea melawan liverpool di Stamford Bridge, 30 April lalu. Ia mendapat pujian dari komentator UK televisi dan radio atas kemampuannya di pertandingan tersebut.



Tidak ada komentar: