Selasa, Juni 24, 2008

Kami tak Boleh Lengah

Wawancara Cesc Fabregas
GELANDANG muda nan energik ini mulai menampakkan kualitasnya. Ia memiliki mental juara saat menjadi penentu lolosnya Spanyol ke semifinal setelah sukses memerdaya Gigi Buffon. Meski hanya menjadi cadangan Xavi Hernandez, namun Fabregas mampu menunjukkan talentanya sebagai calon pemimpin masa depan timnas Spanyol. Bersama Fernando Torres dan Dario Silva, trio ini bakal makin mengejutkan. Bagaimana pandangan tentang penampilan dan peluang Spanyol di semifinal melawan Rusia, berikut cuplikan wawancara yang diambil dari situs Arsenal dan BBCSport.

Bersama Torres dan Silva, Anda bakal menjadi kekuatan tim masa depan Spanyol, pendapat Anda tentang hal ini?
Aku pikir itu terlalu berlebihan. Karena di Spanyol masih banyak darah muda yang bersiap untuk mengisi para pemain senior. Anda tentu mengenal Bojan Krkic, dia sungguh istimewa, rasanya mengasyikkan jika suatu saat aku bermain bersamanya.

Tapi itu fakta di lapangan?
Itu pendapat orang, terima kasih telah memberi perhatian. Tapi yang jelas aku masih ingin berkembang dan memberi yang terbaik bagi negaraku. Dan di Euro inilah aku bisa memulai pondasi itu.

Timnas Spanyol sekarang?
Aku sangat enjoy dengan status dan pola permainan sekarang. Tak ada pemain bintang di tim ini, semuanya bermain seperti apa yang diperintahkan pelatih.

Anda bersaing dengan Xavi?
Tidak juga, karena aku dan dia memiliki perbedaan karakter bermain. Jadi pelatih memutuskan untuk memainkan kami sesuai karakter lawan. Bukan tidak mungkin suatu saat kami bahkan bermain bersama, atau aku duluan yang menjadi starter. Jadi kompetisi itu tetap ada, tapi masih dalam kapasitas sportif dan demi kepentingan tim tentunya.

Anda memiliki harapan terhadap Rusia?
Tentu saja ada, semoga mereka mampu bermain terbuka seperti kami. Pengalamanku, sangat susah dan menyebalkan kalau melawan tim yang terlalu defensif, Italia adalah satu di antaranya, mereka sukses mempersulit kami.

Siap menjadi penendang penalti lagi?
Jika memang itu harus terjadi, aku selalu siap, meski aku tidak terlalu berharap itu. Kami ingin menang dalam waktu normal. Terlalu banyak membutuhkan keberuntungan untuk memenangi partai adu penalti.

Komentar Anda tentang Rusia?
Aku sudah memberi peringatan pada temen-temenku untuk mewaspadai permainan Rusia nanti, karena mungkin saja Hiddink memberikan yang berbeda lagi.

Intinya?
Kami tak boleh lengah sedikitpun, kalau lengah, jelas marabahaya bakal menaungi kami. Beruntung kami memiliki pelatih berpengalaman sekelas Aragones, kami percaya dia mampu memberi yang terbaik untuk kami dan Spanyol. (persda network/bud)



Tidak ada komentar: