Kamis, Juni 05, 2008

Kiper Jangkung vs Kiper Cebol

APA yang menjadi hal paling dipikirkan oleh para pemain bola ketika mengiring si kulit bundar agar bisa masuk ke gawang lawan? Mungkin salah satunya adalah kecakapan sang kiper yang bisa membaca gerakan bola untuk menjangkaunya. Dan pesta akbar Euro 2008 turut pula diramaikan oleh penjaga gawang yang tidak saja lihai membaca bola, tapi juga ditunjang dengan tinggi badan. Bukan tanpa sebab, karena jika diperhatikan gawang yang memiliki tinggi 2,3 meter dan lebar 7,3 meter. Maka seorang kiper secara otomatis harus memiliki tinggi badan yang diharapkan jangkauan tangannya mampu meraih bola yang meluncur ke gawang.
Bicara tentang tinggi, apakah memang seorang kiper harus tinggi? Mari perhatikan kiper yang berlaga dalam Piala Eropa kali ini, yang hampir sebagian besar memiliki tinggi badan menjulang. Lihat saja tinggi badan yang dimiliki oleh Petr Cech, kiper kelahiran Plzen Republik Ceko ini, memiliki tinggi 1.97m. Pria yang memiliki nama panggilan Big Pete ini adalah kiper andalan Ceko dalam Euro 2008.
Namun jika dibandingkan dengan Andreas Isaksson, Cech memang kalah tinggi 2cm. Pasalnya kiper Swedia ini memiliki tinggi badan 1.99m. Kiper yang berusia 26 tahun dan tergabung dalam club Manchester City ini sudah mempunyai modal utama untuk menjadi kiper jempolan dalam Piala Eropa kali ini.
Lantas, apakah memang tinggi badan menjadi salah satu modal utama bagi pemain bola sehingga bisa menjadi seorang kiper yang tangguh? Nyatanya tidak begitu, karena banyak juga kiper yang tidak terlalu menjulang tinggi berhasil menjadi kiper yang tangguh.
Para striker yang berlaga di Euro 2008 juga harus mewaspadai kiper yang memiliki postur tidak terlalu tinggi. Sebut saja kiper yang berasal dari Grup C, Prancis, Gregory Coupet. Meski pria yang kini berusia 35 tahun ini hanya memiliki tinggi badan 1.81 m, namun kiprahnya sebagai pengganti Fabien Barthez sebagai penjaga gawang utama tim nasional Prancis sudah dibuktikan.
Dan yang jelas, untuk membuktikan kiper mana yang handal di pesta Piala Eropa kali ini, jangan lewatkan penampilan babak kualifikasi pertama besok, Sabtu (7/6), yang mempertandingkan Swiss dan Ceko. Itu berarti publik akan menyaksikan, apakah Diego Benaglio (Swiss) yang memiliki tinggi badan 1.93m mampu menahan si kulit bundar. Atau Petr Cech (Ceko) yang lebih tinggi 4cm (1.97m) mampu mempertahankan gawang agar tidak kebobolan bola lawan.
Data kiper Euro 2008 :
Grup Kota Nama Tinggi badan
A Swiss Diego Benaglio 1.93m
Portugal Ricardo Pereira 1.85m
Ceko Petr Cech 1.97m
Turki Volkan Demirel 1.95 m
B Austria Alexander Manninger 1.88m

Jerman Jens Lehmann 1.90m
Kroasia Stipe Pletikosa 1.93m
Polandia Artur Boruc 1.93m
C Italia Marco Amelia 1.87m
Prancis Gregory Coupet 1.81m
Belanda Edwin van der Sar 1.97m
Romania Bogdan Ionut Lobont 1.84m
D Yunani Antonios Nikopolidis 1.91m
Spanyol Iker Casillas Fernandez 1.85m
Swedia Andreas Isaksson 1.99m
Rusia Igorandyn Vladimirvocih Akinfeev 1.85m

Sumber : euro2008.uefa.com (Persda Network/sis)

Tidak ada komentar: