Kamis, Juni 12, 2008

Les Bleus Butuh Henry

Belanda vs Prancis
Live on RCTI
Sabtu (14/6), pukul 01.45 WIB

Hasil imbang tanpa gol dengan Rumania di laga pertama Grup C, membuat Perancis menerima banyak kritikan akan mandulnya lini depan mereka. Karena itu, Pelatih Prancis Raymond Domenech ingin timnya tampil lebih mengigit saat bertemu Belanda, Sabtu (14/6) dini hari. Buat mengatasi mandulnya lini penyerang tersebut, Les Bleus, berharap striker andalan mereka, Thierry Henry kembali tampil dalam starting line-up melawan skuad Oranje Belanda di Stade de Suisse, Bern.
"Menyatakan lini depan kami sangat tajam memang mudah. Kami memiliki pedang di tangan tapi untuk membuktikannya di lapangan rasanya sangat sulit," kata Domenech dikutip AP, Kamis (12/6). "Karena itu, kami harus mampu mengorganisirnya."
"Harapan kami kini tertuju pada pulihnya Henry dari cedera ringan yang dialaminya. Kami memang butuh dia untuk bisa meraih kemenangan. Kami berada di posisi tertekan dengan hanya meraih satu poin," tambahnya.
Kritikan akan mandulnya lini depan tak hanya dari pendukung Perancis. Bahkan dalam sesi latihan, bek tengah William Gallas mengatakan kalau Les Bleus butuh sentuhan kaki emas dan berhenti bermain-main dengan bola.
Kapten Arsenal itu juga menyarankan kalau para pemain senior harus melakukan diskusi lebih intensif dengan Domenech guna mencari jalan keluar jika timnya tak mampu mencetak gol dalam sebuah pertandingan.
"Kami telah membuat pertemuan, dan kami memang butuh Henry untuk pulih serta tampil kembali untuk lini depan kami," jelas pelatih yang membawa Prancis ke final PD 2006 Jerman itu.
Tak Tajam
Sejak ditangani Raymond Domenech, lini depan kerap menjadi masalah Prancis akhir- akhir ini. Hal yang jauh berbeda dibandingkan lini belakang mereka yang terbilang tangguh. Bersama Domenech empat tahun lalu, pertahanan Les Bleus hanya kebobolan 23 gol dalam 52 pertandingan. Bahkan dalam 19 pertandingan resmi terakhir, Prancis hanya kemasukan enam gol dan mencatat 15 kali rekor clean sheets. Lalu bersama Henry, Perancis mendapatkan banyak gol dari kaki dan kepalanya. Terbukti 44 gol telah disumbangkan Titi selama mengisi lini depan Prancis.
"Kami bisa mencetak gol kapan saja. Kami hanya belum menemukan momen tepat saja. Dan kami memang butuh Henry, tapi meski tanpa dia nanti, kami harus bisa mencetak gol," pungkas Domenech.
Robben Meragukan
Dari kubu Oranje, Pelatih Belanda Marco van Basten bisa memastikan kondisi winger Arjen Robben dalam Euro 2008 ini. Robben yang absen ketika Belanda membungkam Italia 3-0 pada pertandingan perdana Grup C masih meragukan kondisinya. "Saat ini, saya belum bisa katakan tentang kondisi Robben bisa bermain di pertandingan melawan Prancis atau tidak, bahkan di laga Euro berikutnya," kata Basten seperti dilansir AP, Kamis (12/6).
Berdasarkan kabar dari staf tim, Robben kemungkinan besar baru bisa diturunkan ketika Belanda menghadapi Rumania, Selasa, 17 Juni. Selain Robben, Basten juga tengah memantau perkembangan bek Mario Melchiot,yang mengalami masalah pada panggulnya. Pantauan tim medis juga ditujukan kepada striker Klaas-Jan Huntelaar karena mengalami cedera betis.
Hingga kini, Basten juga belum menentukan punggawa pilihannya sebelum menghadapi Prancis. Yang jelas, Basten hanya akan menurunkan pemain yang benar-benar prima termasuk striker Ruud van Nistelrooy.

Tidak ada komentar: