Selasa, Juni 10, 2008

Ratna Listy: Sedih Italia Kalah

SEDIH! Satu kata yang terucap dari bibir seksi Ratna Listy (35), presenter yang juga penyanyi begitu dimintai pendapatnya seputar Euro 2008. Betapa tidak, salah satu tim favorit yang menjadi jagoannya, Italia harus menelan kekalahan telak 0-3 oleh Belanda. "Malas Mas ngomonginnya kalau kalah begini. Aku sih nontonnya setengah-setengah gitu. Kebetulan lagi ada kerjaan aja. Begitu pagi dengar kabar dan lihat di teve, wah, aku pikir kalah satu kosong. Ini tiga," tutur wanita kelahiran Madiun, Jawa Timur, 2 Agustus 1973 dengan nada kesal.
Mengaku tak begitu paham masalah teknik ataupun teori sepakbola. Yang jelas, kekalahan sang idola Del Piero dan kawan-kawan membuat istri dari pengusaha, Swastiarso Herry Putranto langsung kurang bergairah mengikuti pertandingan selanjutnya. "Sebenarnya enggak ada sangkut-pautnya ya kalau saya ujung-ujungnya jadi malas lihat Italia bertanding. Cuma, ya moodnya jadi enggak ketika awal-awal," kata Ratna yang pernah merilis album Obsessy (1998), Adzan (2002), Hitam Putih (2006), dan sebuah album tradisional yang dibuatnya bersama Doel Sumbang serta Nini Carlina.
Tak dimungkiri, sebenarnya sejak memiliki dua anak, Swara Reiki January (4) dan Swara Keisyah Alma Nova (3) aktivitas Ratna agak sedikit terbatasi. Termasuk, kalau dulu bisa dikatakan ia kerap tak melewatkan euforia even-even internasional seperti Euro. Termasuk mengikuti acara nonton bareng atau bahkan menjadi pengisi acara dan pembawa acaranya. "Sekarang sudah beda. Aku agak ngurangin kegiatan. Ya seperti Euro ini. Aku enggak ngikutin kayak dulu. Sekarang sesampainya aja. Asal tahu, jangan sampai ketinggalan sama sekali," ujar mantan juara Bintang Radio dan TV se-Jawa Timur pada 1989 ini.
Belakangan, setelah terpilih sebagai Duta Keluarga Berencana (KB) kesibukan Ratna Listy cukup padat. Alasan itu pula, salah satu yang membuat dirinya kadang tak sempat menyaksikan pertandingan sepakbola yang disiarkan langsung di layar kaca. Pasalnya, selain harus menjadi pembicara dalam seminar-seminar. Ia pun kini harus rajin mempropagandakan masalah KB ke daerah-daerah yang ada di tanah air. "Alhamdulillah, banyak hal yang aku dapat setelah jadi Duta KB. Ya ada hal-hal tertentu yang selama ini aku enggak tahu, setelah jadi Duta KB ibaratnya nambah ilmu juga," tutur artis yang pernah bermain di beberapa sinetron Tanda Akhir Zaman, Menjemput Impian dan serial misteri Pengantin Iblis yang ditampilkan di TPI.


Del Piero Tetap Idola
MESKI tim Italia mengalami kekalahan. Namun, Ratna Listy mengaku masih mengidolakan salah seorang bintang azzuri, Del Piero. Ia lupa kapan dirinya mulai menyukai pemain bernomor punggung 7 tersebut. "Aku dulu kan ya terbilang sering nonton bola lah. Meski enggak maniak- maniak amat. Nah, pernah suatu kali lihat permainan dia. Dan waktu itu pas ngegolin. Ya begitu aja. Mulai deh suka, sampai sekarang," ujarnya.
Hingga sempat terpikir dalam benaknya, kemungkinan sang jagoannya itu bermain di dalam kesebelasan yang ada di tanah air. "Ya ini kan kalau. Ya misalnya, main di salah satu kesebelasan yang ada di tim nasional. Wah, tapi bayarannya berapa ya," kata Ratna tergelak.


Tidak ada komentar: