Kamis, Juni 12, 2008

Rep Ceko 1-3 Portugal: Bukti CR7

Rep Ceko 1-3 Portugal

Cristiano Ronaldo menjawab kritikan. Bermain apik dan memberikan kemenangan untuk Portugal adalah pekerjaan yang dilakukan winger Portugal saat bertemu dengan Rep Ceko, pada pertandingan kedua penyisihan Grup A.
Tak berlebihan kalau Stade de Geneve, Jenewa, Swiss menjadi ajang pertunjukan Ronaldo. Dan kemenangan tersebut bertambah lengkap karena Portugal yang sebelumnya juga menang 2-0 atas Turki mematikan lolos ke babak perempat final.
CR7 -sapaan akrab Ronaldo- memang bermain brilian di barisan gelandang Seleccao. Kedewasaannya melebihi umurnya ketiga menjadi jenderal lapangan Portugal. Tiga gol yang mengantar kemenangan skuad asuhan Luiz Felipe Scolari 3-1 tersebut memang tak bisa dilepaskan dari peran Ronaldo. Selain mencetak gol menit ke-63 dan membawa keunggulan runner up Euro 2004, ia juga berandil besar di dua gol lainnya.
Gol pertama yang dicetal Deco Souza di menit delapan, adalah hasil kerja keras pemain yang menorehkan musim fantastis bersama Manchester United. Menerima bola wall pass dari kapten Nuno Gomes, ia mencoba melewati Petr Cech. Bola di kakinya berhasil di sapu Cech dan mental ke arah Deco. Pemain Barcelona ini pun melakukan eksekusi meski tetap mendapat rintangan dari Cech. Keunggulan ini hanya bertahan selama sembilan menit. Bola tandukan Libor Sionko berhasil menggetarkan gawang Portugal yang dikawan Ricardo.
Setelah itu, CR7 dan kawan-kawan terus melakukan serangan. Hasilnya, menit 63, Ronaldo membuat pendukung Portugal berteriak gembira. Mendapat bola dari Deco, ia melakukan tendangan first time datar dari luar kotak penalti menggunakan kaki kiri. Bola keras tersebut tak mampu dihentikan Cech.
Tak sampai di situ, pertunjukan Ronaldo kembali dipentaskan. Menit injury time Ronaldo kembali membuat dunia mengakui kalau dia memang pemain hebat. Lolos dari jebakan offside, ia hanya berhadapan dengan Cech. Kalau dia egois, kemungkinan dapat mencetak gol kedua di pertandingan tersebut. Namun kedewasaan ternyata membuatnya mengirimkan bola matang ke arah Ricardo Quaresma yang masuh di menit 80 mengantikan Simao Sabrosa. Quaresma yang tak mendapat pengawalan dengan mudah menggetarkan gawang Cech.
"Rasanya luar biasa. Kami memenuhi target pertama kami, yaitu lolos ke babak berikutnya. Saya juga senang bisa memberi kontribusi satu gol," ucap kapten kedua Portugal setelah Nuno Gomes ini seperti dilansir reuters. Dan yang membuat Ronaldo optimis akan peluang timnya adalah kesolidan permainan Portugal. Mereka bermain tanpa celah meski hanya bermain 1-1 di babak pertama.
"Kami menciptakan banyak peluang dan bermain sebagai sebuah tim. Jika kami terus bermain seperti ini, kami memiliki peluang lebih besar untuk mencatat prestasi (juara) di turnamen ini," tegas Ronaldo. Penampilan Ronaldo dan kawan-kawan juga menuai pujian dari Scolari. Ia menilai, permainan timnya sudah sesuai keinginan. "Saya puas dengan komitmen dan dedikasi yang tim tunjukkan," jelasnya.
Meski begitu, ia menilai, Ceko bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Kenyataan yang bisa dilihat, di babak pertama Portugal sempat direpotkan tim asuhan Karel Brueckner itu.
"Kami memang harus bersusah payah terlebih dulu, tapi kami bermain apik. Permainan semacam ini menunjukkan bahwa persiapan kami ada di jalur yang benar," ucap Scolari sambil tersenyum.
Dengan kemenangan tersebut, Portugal menjadi tim pertama yang lolos ke perempatfinal Euro 2008 Austria-Swiss. Mereka sudah mengoleksi enam poin dan selisih tiga dari Ceko dan Turki. Portugal hanya butuh hasil seri untuk menjuarai Grup A saat melawan Swiss di pertandingan terakhir, Senin (16/6) nanti. Sementara satu tiket lolos lainnya diperebutkan Turki dan Ceko di waktu yang sama.

Tidak ada komentar: