Kamis, Juni 05, 2008

Rusia Kuda Hitam

* Ceko-Kroasia Bisa Melaju

MENENGOK sepak terjang tim-tim peserta Euro2008 selama laga uji coba, Rusia menjadi salah satu kandidat kuda hitam di Austria-Swiss. Sedangkan Republik Ceko dan Kroasia menjadi dua tim yang diunggulkan bakal menerobos jajaran empat besar.
Selama babak kualifikasi, Tim Beruang Merah termasuk salah satu tim dengan catatan yang cukup gemilang. Prestasi besar ditoreh pasukan Guss Hiddink adalah mengalahkan Inggris di Moskow --yang kemudian tak lolos putaran final.
Catatan paling fantasis ditunjukkan Andriy Ashavin dkk selama mengikuti tiga pertandingan pemanasan. Mereka membantai Kazakhstan 6-0, lalu mengalahkan tim kuat Serbia 2-1, dan terakhir menggasak Lithuania 4-1.
Telegraph.co.uk, Rabu (4/6), melansir kalau Rusia bakal lolos ke babak perempatfinal menggusur juara bertahan Yunani yang hanya bisa bertengger di posisi ketiga dalam kualifikasi grup D nanti.
Rusia bahkan diprediksi bakal melaju ke semifinal setelah di laga perempatfinal mengalahkan Italia atau Perancis yang menjadi juara Grup C. Catatan sejarah Rusia, mereka pernah menjadi juara pada tahun 1960 dan mereka bisa menjelam sebagai tim kejutan.
Selain itu, kini mereka diasuh oleh pelatih bertangan dingin asal Belanda, Guus Hiddink. "Jika kami benar-benar mengerjakannya dan disiplin, kesempatan untuk itu akan terbuka lebar," janji Hiddink di kutip Guardian.
Pernyataan Hiddink bukan tanpa alasan. Dia pelatih berpengalaman dengan membawa Korea Selatan menjadi peringkat keempat Piala Dunia 2002, lalu bersama Australia menebus babak perempatfinal PD 2006 lalu.
Selain itu, Rusia saat ini diperkuat sebagian besar skuad Zenit St Petersburg yang meraih sukses sebagai Juara Piala UEFA 2008, bulan Mei lalu. Mereka akan dipimpin Andrei Arshavin yang sukses bersama Zenit.
"Rusia merupakan tim yang bisa membuat kejutan. Kemampuan dan kekompakan ala Rusia menjadi andalan mereka. Saya senang dengan permainan mereka," kata pelatih Muenchen Ottmar Hitzfeld.
Lebih Baik
Dua tim lain juga disebut-sebut bakal mencatat hasil bagus adalah Kroasia dan Republik Ceko. Masing-masing tim memiliki keunggulan sendiri sehingga layak menyandangkan predikat tim pendobrak tradisi tim-tim kuat seperti Jerman, Italia, atau Perancis.
Kroasia yang terpaksa kehilangan bombernya Eduardo da Silva akibat cedera, masih dipercaya bakal mampu berbicara banyak. Sebelum lolos ke final, Kroasia membuktikan diri dengan mengalahkan Inggris dua kali.
Meski di laga pemanasan kurang meyakinkan --hanya bemain 1-1 dengan Hungaria dan menang 1-0 atas Moldova, namun pasukan muda asuhan Slaven Bilic bakal merepotkan tim-tim besar.
Sementara itu, Republik Ceko memiliki sejarah yang selalu tampil sebagai tim yang mengejutkan. Mereka bertekad memperbaiki capaian babak semifinal yang mereka raih di Portugal 2004.
Di babak kualifikasi, mereka juga menunjukkan kemampuan yang tak meragukan. Jan Koller dkk mencatat peroleh nilai lebih tinggi dari pada favorit juara Jerman.
Kekuatan yang dimiliki Ceko tidak terlepas dari kemahiran pelatih Karel Bruckner yang sukses membawa tim sepakbola usia di bawah 21. Ceko di Euro 2008 ini adalah juara Eropa U- 21 di tahun 2002.
"Saya mengalami mimpi buruk ketika melawan Ceko. Mereka membuat saya kesulitan menjaga penyerang-penyerang muda mereka. Kalaupun Jerman akan bertemu Ceko, saya akan berusaha menjaga pergerakan gelandang mereka," kata bek Jerman Cristoph Metzelder.
Berada di grup A, Ceko diperkirakan bakal lolos ke perempat final bersama Portugal. Dan mereka di perdiksi bakal mengalahkan Jerman yang kemungkinan bertemu di babak semifinal. (Persda Network/mun/rif)

Hasil uji coba
Rusia
04/06/2008 Friendly Rusia 4-1 Lithuania
28/05/2008 Friendly Rusia 2-1 Serbia
23/05/2008 Friendly Rusia 6-0 Kazakhstan

Rep Ceko
30/05/2008 Friendly Rep Ceko 3-1 Scotlandia
27/05/2008 Friendly Rep Ceko 2-0 Lithuania
26/03/2008 Friendly Denmark 1-1 Rep Ceko

Kroasia
31/05/2008 Friendly Hungaria 1-1 Kroasia
24/05/2008 Friendly Kroasia 1-0 Moldova
26/03/2008 Friendly Skotlandia 1-1 Kroasia

Tidak ada komentar: