Selasa, Juni 03, 2008

Catatan Grup D

YUNANI
Peluang Kemenangan: 22-1
Euro 2004: Mengalahkan Portugal di Final
Usaha Tim:
Saatnya mengubur perasaan bersalah saat tim asuhannya menelan pil pahit pada babak kualifikasi dari musuh bebuyutan Turki dengan skor 4-1 di kandang sendiri, skuad Otto Rehhagel bangkit dan menargetkan untuk meraih dua poin dalam setiap pertandingan kelak. Sama halnya ketika mereka berhasil menjadi juara pada empat tahun lalu. Sebagai tulang punggung Yunani, Antonis Nikopolidis di bawah mistar gawang, bek tengah Traianos Dellas dan di posisi tengah Otto berharap banyak kepada Anggelos Basinas serta Kostas Katsouranis.
Pemain Bintang:
Georgio Samaras yang sempat hanya menjadi joke belaka ketika dikabarkan bakal menjadi striker di Manchester City atau Celtic. Adapula Fanis Gekas yang pada empat tahun lalu bermain untuk kesebelasan yang tidak terkenal Kallithea, namun kemudian hijrah dan bermain untuk Panathinaikos dan Bochum. Fanis meraih sepatu emas pada Bundesliga 2006-2007 lalu. Sekarang ia tergabung di Leverkusen.
Pemain Berbakat:
Vasilis Torosidis yang dapat bermain di beberapa posisi sebagai bek dan pemain tengah. Mencuri perhatian Monaco dan Juventus yang kini tengah mencoba membidiknya.
Perlu Diwaspadai: Kostas Katsouranis yang pernah dalam suatu kesempatan bertanding bersama tim besar Benfica, ia memukul rekan se-timnya Luisao dan didenda. Seketika itu juga pasangannya itu harus digantikan dan dia sendiri diganjar hukuman. Adapun Stelios Giannakopoulos yang memiliki temperamen labil yang bisa membawa pengaruh buruk bagi Yunani.
WAG yang Mencuri Perhatian: Gogo Mastrokosta. Kekasih dari bek Traianos Dellas ini seorang model dan presenter televisi yang bukan saja memiliki tubuh seksi, hingga menurut salah seorang wartawan bisa membuat pria tergila-gila.
Penggemar Fanatik:
Tak kurang dari 10 ribu penggemar fanatik tim Yunani akan turun gunung dari pegunungan Alpen.
Prediksi:
Juru kunci di Grup D

Formasi:
Kiper: 1 Nikopolidis (Olympiakos), 12 Chalkias (Aris Salonika), 13 Tzorvas (OFI Crete). Bek: 2 Seitaridis (At Madrid), 3 Patsatzoglou (Olympiakos), 4 Spiropoulos (Panathinaikos), 5 Dellas (AEK), 11 Vintra (Pana), 15 Vassilis Torosidis (Olympiakos), 16 Kyrgiakos (E Frankfurt), 18 Goumas (Pana), 19 Antzas (Olympiakos). Tengah: 6 Basinas (R Mallorca), 8 Giannakopoulos (Bolton), 10 Karagounis (Pana), 21 Katsouranis (Benfica), 22 Tziolis. Depan: 7 Samaras (Man City, loaned at Celtic), 9 Charisteas (Nürnberg), 14 Salpingidis (Pana), 17 Gekas (Leverkusen), 20 Amanatidis (E Frankfurt), 23 Liberopoulos (AEK).

RUSIA
Peluang Kemenangan: 28-1
Euro 2004: Babak terakhir menjadi juru kunci grup
Usaha Tim:
Pada musim panas lalu, skuad Rusia hampir selalu melampaui harapan sang pelatih Guus Hiddink dengan berbagai kejutan besar yang dipersembahkan anak asuhnya. Hiddink kemungkinan besar akan menurunkan formasi 4-5-1, tapi hal itu tidak mutlak adanya. Pemain sayap Vladimir Bystrov dan Yuri Zhirkov (atau Dmitri Torbinski jika Zhirkov bermain dia biasanya berada di posisi bek kiri) merupakan dua sayap yang membahayakan bagi tim lain yang dimiliki Rusia. Ditambah lagi motor serangan dari Pavel Pogrebnyak yang bakal sangat disegani tim lawan dalam setiap laga. Di bagian pertahanan, bagaimanapun juga, Hiddink memang jago untuk masalah ini. Duet Vasili dan Aleksei Berezutski menjadi gangguan bagi para penyerang tim lawan. Di bawah mistar gawang, tak diragukan lagi ada Igor Akinfeev yang super lengket.
Pemain Bintang:
Andrei Arshavin, si gelandang brilian asal Zenit St Pettersburg.
Pemain Berbakat:
Pavel Pogrebnyak yang memiliki postur tinggi, pernah ditawari untuk merumput di Postsmouth atau Fulham. Jika saja cedera lutut tidak menderanya disamping masalah lainnya, ia akan mengikuti jejak Zhirkov yang mendapat bayaran senilai 7 juta poundsterling. Selain Pavel, pemain berbakat lainnya yang dimiliki Rusia adalah Akinfeev yang kini berusia 22 tahun.
Perlu Diwaspadai:
Andrei Arshavin yang anggota dewan St Petersburg, dalam pesta yang digelar Vladimir Putin merilis dua buku dan juga album lagu. Keraguan pun timbul, bagaimana bisa dia membagi waktunya sebagai pemain bola profesional?
WAG yang Mencuri Perhatian:
Inna Zhirkov. Istri dari pemain tengah Yuri Zhirkov ini sempat membuat para lelaki di Rusia menyayangkan dengan keputusannya untuk mengundurkan diri dari dunia modeling yang telah membesarkan namanya. Ia lebih memilih untuk menjadi istri Zhirkov.
Penggemar Fanatik:
Tidak terlalu banyak pengemar fanatik akan datang ke stadion dimana Rusia bermain, tapi selain dikenal banyak duit karena sebagian besar adalah para pebisnis yang tinggal di Inggris. Biasanya mereka akan duduk dibarisan bangku VIP sambil menyantap sandwich menyaksikan tim kesayangannya berlaga.

Prediksi:
Menduduki runner up di Grup D dan berharap bertemu Spanyol di semifinal serta mengalahkannya.



Formasi:
Kiper: 1 Akinfeev (CSKA Mosc), 12 Gabulov (Amkar Perm), 16 Malafeev (Zenit St P). Bek: 2 V Berezutski (CSKA), 4 Ignashevich (CSKA), 5 A Berezutski (CSKA), 8 Kolodin (Dynamo Mosc), 14 Shirokov (Zenit St P), 22 Anyukov (Zenit St P). Tengah: 3 Yanbaev (Lokomotiv Mosc), 7 Torbinski (Lokomotiv), 11 Semak (Rubin Kazan), 15 Bilyaletdinov (Lokomotiv ), 17 Zyrianov (Zenit St P), 18 Zhirkov (CSKA), 20 Semshov (Dynamo), 23 Bystrov (Spartak Mosc). Depan: Adamov (FK Mosc), 9 Saenko (Nürnberg), 10 Arshavin (Zenit St P), 13 Pogrebnyak (Zenit St P), 19 Pavlyuchenko (Spartak), 21 Sychev (Lokomotiv).

SPANYOL
Peluang Kemenangan: 5-1
Euro 2004: Menempati posisi ketiga di grup
Usaha Tim:
Spanyol dikenal memiliki jumlah pemain berkualitas sangat banyak, sebut saja Cesc Fabregas, Iker Casillas, dan Fernando Torres. Tapi, apakah mereka bisa mengatasi sejarah yang sekaligus menjadi beban selama ini? Betapa tidak, selama ini mereka harus menelan kekalahan-kekalahan yang menyakitkan (oleh Italia pada 1994, Korea Selatan pada 2002, Prancis pada 1984, 2000, dan 2006 lalu). Dan hingga saat ini, tak ada tanda-tanda kalau Spanyol bisa keluar dari beban mental ini. Tapi setidaknya, Fabregas, Xavi, Iniesta, dan Zabi Alonso kali ini berpendapat kalau mereka tidak akan menelan ludah. Pasalnya, motivasi mereka terpacu mengingat memiliki motor-motor penyerang seperti Torres, David Villa, dan Daniel Guiza.
Pemain Bintang:
Iker Casillas. Penampilannya sungguh mengesankan dan pas bila disebut sebagai kiper terbaik di dunia.
Pemain Berbakat:
Penyerang depan, Daniel Guiza berhasil mengemas 27 gol bagi Real Mallorca pada musim ini. Tapi mutiara yang tengah bersinar adalah pemain tengah, Ruben de la Red yang kini berusia 22 tahun.
Perlu Diwaspadai:
Pelatih Luis Aragones. Suatu kali, ia pernah dikecam publik atas putusan yang salah membangkucadangkan Thierry Henry.
WAG yang Mencuri Perhatian:
Nuria Bermudez. Ia seorang agen pemain sepakbola. Kerap membual kalau dirinya bisa melakukan seks 6 kali dalam semalam dengan pasangannya. Kini ia menjadi agen paling ngetop dan menjadi partner dari Guiza.
Penggemar Fanatik:
Biasa menyenandungkan lagu kebangsaan mereka tanpa teks atau bergumam dan penggemar fanatik Spanyol biasa memanggula empat kilo daging babi dipundak mereka. Jika tim kesayangan mereka kalah, mereka mabuk dengan menenggak minuman khas Spanyo: whisky dicampur coke.
Prediksi:
Menjadi juara grup dan mereka berharap di babak grand final bisa bertemu Jerman dan mengalahkannya.

Formasi:
Kiper: 1 Casillas (Real Madrid), 13 Palop (Sevilla), 23 Reina (Liverpool). Bek: 2 Albiol (Valencia), 3 Navarro (Real Mallorca), 4 Marchena (Valencia), 5 Puyol (Barcelona), 11 Capdevila (Villarreal), 15 Ramos (Real Madrid), 18 Arbeloa (Liverpool), 20 Juanito (Real Betis).Tengah: 6 Iniesta (Barcelona), 8 Xavi (Barcelona), 10 Fábregas (Arsenal), 12 Cazorla (Villarreal), 14 Alonso (Liverpool), 19 Senna (Villarreal), 22 De la Red (Getafe). Depan: 7 Villa (Valencia), 9 Torres (Liverpool), 16 García (Real Zaragoza), 17 Güiza (Real Mallorca), 21 Silva (Valencia).

SWEDIA
Peluang Kemenangan: 33-1
Euro 2004: Kehilangan kesempatan masuk babak perempat final dikalahkan Belanda
Usaha Tim:
Mungkin puncak karir tim Swedia adalah pada Euro 2004 lalu, tapi yang terbaru justru kejutan yang dilontarkan motor serangan, Henrik Larssons yang turut memperkuat skuad bisa membangkitkan motivasi timnya. Sebaliknya, mengetahui semangat yang dikobarkan bomber Henrik, pelatih lars Lagerback tampak tak pernah tersenyum selama jumpa pers pada bulan lalu. Berita lainnya, Lars telah melakukan pendekatan kepada pemain yang kini berusia 34 tahun Teddy Lucic untuk memberi harapan kepada anak asuhnya serta pengalaman saat bermain pada paruh 2002-2003. Swedia memiliki Freddie Ljunberg yang dalam kondisi terbaiknya sekaligus menjadi komandan dilapangan. Selain itu memiliki pemain-pemain mahal seperti Larrzon, Ibrahimovic, Elmander (Toulouse), Marcus Rosenberg (Werder Bremen), dan mantan striker Aston Villa Marcus Allback yang masih memiliki stamina prima meski kini usianya 34 tahun.
Pemain Bintang:
Zlatan Ibrahimovic. Pelatih Inter Milan, Roberto Mancini pernah berujak kalau Ibrahimovic adalah jelmaan dari Marco van Basten. "Inilah saatnya untuk membuktikan diri!"
Pemain Berbakat:
Johan Elmander. Motor serang yang mematikan yang memiliki teknik berkualitas. Yang pasti, musim ini ia harus meninggalkan Toulouse.
Perlu Diwaspadai:
Olof Mellberg. Sempat terlibat cekcok dengan Ljungberg pada dua turnamen. Meski begitu, ia merupakan pemain yang lincah dan bersemangat.
WAG yang Mencuri Perhatian:
Oksana Andersson, kekasih dari pemain tengah Christian Wilhelmsson yang dikenal sebagai model yang agak 'gila'.
Penggemar Fanatik:
Diperkirakan lebih dari 30 ribu penggemar fanatik akan turun gunung dari pegunungan Alpen. Yang menarik, akan banyak penggemar fanatik wanita berambut blonde selain cantik juga berdandan seksi dan sebaliknya, hadir pula penggemar pria yang berdandan ala pasukan Viking.
Prediksi:
Menduduki posisi ketiga di Grup D.
Formasi:
Kiper: 1 Isaksson (Man C), 12 Shaaban (Hammarby), 13 Wiland (Elfsborg). Bek: 3 Mellberg (A Villa), 4 Hansson (S Rennes), 5 Stoor (R Trondheim), 14 Majstorovic (Basel), 15 Granqvist (Helsingborg), 23 Dorsin (CFR Cluj). Tengah: 2 Nilsson (Panathinaikos), 6 Linderoth (Galatasaray), 7 Alexandersson (IFK), 8 Svensson (Elfsborg), 9 Ljungberg (W Ham), 16 Kallstrom ( Lyon), 18 S Larsson (B'ham), 19 Andersson (Malmo), 21 Wilhelmsson (D La Coruña). Depan: 10 Ibrahimovic (Inter), 11 Elmander (Toulouse), 17 H Larsson (Helsingborg), 20 Allback (FC Copenhagen), 22 Rosenberg (W Bremen).

Tidak ada komentar: